Ilmuwan Manfaatkan Mikroskop Holografik untuk Cari Alien

Telset.id, Jakarta – Misteri soal kehidupan lain di luar bumi memang masih belum terungkap sepenuhnya oleh para ilmuwan. Namun para ilmuwan ini terus berusaha untuk membuktikan atau bahkan mencari kehidupan tersebut dengan berbagai cara.

Dilansir dari The Next Web, ada cara baru yang membantu para ilmuwan untuk mencari jawaban dari pertanyaan “adakah kehidupan lain di luar bumi?”. Cara tersebut dengan memanfaatkan teknologi baru bernama Holographic Microscope.

Teknologi ini yang dikembangkan oleh para ilmuwan di California Institute of Technology. Holographic Microscope dirancang sedemikian rupa untuk cari alien di ruang angkasa.

Perangkat ini berbeda dengan mikroskop tradisional yang digunakan untuk memeriksa sampel di luar angkasa, karena mikroskop holografik ini menggunakan laser untuk menunjukkan gerakan secara 3D pada partikel mikroskopik.

[Baca juga: Bukan Roket, Mantan Insinyur NASA Malah Bikin Klakson Mobil]

Nantinya, gerakan tersebut akan diidentifikasi serta dianalisis untuk menentukan apakah itu merupakan benda mati atau benda hidup, sebut saja seperti organisme.

“Kami mencoba merancang parameter dari mikroskop yang dapat memaksimalkan kemampuan kita untuk melihat kehidupan di bumi. Karena jika kita bisa memaksimalkan kemampuan kita untuk melihat kehidupan di semua lingkungan bumi yang mungkin ekstrem, maka kita bisa sangat percaya diri dengan kemampuan kita untuk sedekat mungkin mengatasi hal ini di planet lain,” jelas Professor Jay Nadeau, salah seorang anggota tim ilmuwan ini yang telah menguji perangkat tersebut di wilayah Arktik.

[Baca juga: Mobil Ini Bisa Berubah Menjadi Robot Transformer]

Para ilmuwan ini sendiri menargetkan salah satu bulan dari planet Saturnus, yakni Enceladus, yang memiliki geyser raksasa yang mampu mengirimkan uap ke luar angkasa yang memiliki potensi untuk menyebarkan mikroorganisme ke lingkungan sekitarnya. Canggih ya! (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI