Alibaba Buka Kafe Pintar “Tao Cafe”

Telset.id, Jakarta – Sekilas kafe ini tak beda dengan kafe lainnya. Tapi kafe milik Alibaba bernama Tao Cafe ini memiliki keistimewaan saat Anda memesan makanan karena kafe ini tidak memiliki kasir dan hanya menggunakan metode pembayaran tanpa uang tunai. Alibaba memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Big Data untuk mengoperasikan kafe pintar ini.

Lokasi yang dipilih oleh Alibaba untuk membuka Tao Cafe berada di Hangzhou International Expo Center. Lokasi ini dipilih dikarenakan saat ini Taobao Maker Festifal sedang dilaksanakan di lokasi tersebut.

Baca Juga: Proyek Google X Dituding “Menciptakan Tuhan” dengan AI

“Tao Cafe, kafe percobaan tanpa kasir dan uang kas, merupakan cara lain bagi Alibaba untuk memamerkan kemampuan teknologinya dalam menghubungkan dunia belanja offline dan online,” Chief Marketing Officer Alibaba Group, Chris Tung seperti Telset.id kutip dari laman Bangkok Post.

Untuk melakukan pemesanan di Tao Cafe, pengguna harus melakukan pemindaian QR code yang terdapat di depan meja pemesanan, yang dilengkapi dengan kamera pemindai. Setelah melakukan selesai pemindaian identitas pembeli, mereka dapat memesan dengan melalui perintah suara.

Baca Juga: AI Google Bisa Tulis Puisi dengan Gaya Penyair Legendaris

Untuk metode pembayaran, Alibaba menggunakan Alipay, yang merupakan layanan pembayaran digital milik mereka. Setelah pembayaran selesai, pembeli dipersilahkan untuk duduk dan pesanan akan langsung diantar ke meja masing-masing.

Sambil menunggu, pelanggan juga bisa berbelanja online melalui meja interaktif yang ada di setiap meja. Meja pintar ini akan menunjukkan semua produk kopi yang dijual pada toko tersebut.

Untuk membuat hal ini dapat terjadi, Alibaba menggunakan bantuan Artificial Intelligence (AI) dan Big Data untuk menjalankan semua proses yang terjadi di kafe tersebut. Bagaimana menurut Anda, canggih bukan? [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI