telset

Proyek Google X Dituding “Menciptakan Tuhan” dengan AI

Telset.id, Jakarta – Pernyataan mantan pegawai Google bernama Mo Gawdat bikin masyarakat dunia geger. Bagaimana tidak, ia menyebut bahwa Google diam-diam sedang menciptakan Tuhan dengan teknologi berbasis AI atau kecerdasan buatan.

Pernyataan ini disampaikan Mo Gawdat kepada The Times beberapa waktu lalu. Ia menyebut, melalui Google X, raksasa pencarian tersebut sedang mengerjakan proyek yang menakutkan.

“Kenyataannya adalah mereka menciptakan Tuhan,” tutur Mo Gawdat. 

Tuhan yang dimaksudnya adalah robot dengan lengan yang memiliki otak AI atau kecerdasan buatan. Pengembangannya diketahui Mo Gawdat saat bergabung dengan Google.

Baca juga: Menelisik Pengadaan Laptop untuk Sekolah

Saat itu, ia menjabat sebagai Chief Business Officer Google X. Proyek ini sendiri merupakan lembaga rahasia yang bertugas untuk mengembangkan teknologi canggih. Salah satu teknologi yang dikembangkan adalah lengan robot canggih yang mirip Terminator. 

Lengan robot ini dikembangkan oleh salah satu perusahaan AI dan Google X. Saat masih bekerja di Google, ia melihat sendiri jika robot dapat mengambil objek dan meniru berbagai gerakan orang lain dengan mudah.

Alasannya karena lengan didukung oleh teknologi AI, sehingga mampu belajar dengan cepat dan meniru berbagai tindakan yang dilakukan manusia. 

Baca juga: Google Hapus 813 Ribu Aplikasi Berbahaya

“Dan saya tiba-tiba menyadari, ini benar-benar menakutkan. Saya tersadar bahwa mereka seperti anak-anak. Tapi anak-anak yang mampu belajar dengan sangat, sangat cepat. Itu benar-benar membuatku membeku,” kata Gawdat. 

Tuhan Buatan Google Berbahaya 

Mo Gawdat berpendapat, Tuhan atau robot AI canggih buatan Google ini sangat berbahaya. Ia mengatakan, robot bisa mencapai titik di mana ia berada pada singularitas teknologi. Maksudnya, robot AI bisa menjadi mandiri dan lepas kendali dari pengawasan manusia. 

Proyek Google X Tuhan AI
Mo Gawdat

Jika hal tersebut tidak dicegah, maka dunia akan menghadapi situasi yang mirip dengan yang digambarkan di film Terminator. Dunia akan dikuasai oleh mesin-mesin canggih yang mampu melawan manusia. 

Baca juga: Cara Ganti Background Google Meet

“Jika situasi ini terjadi, maka dunia akan seperti film Terminator,” jelas Gawdat, seperti dilansir Telset dari Hindustan Times pada Rabu (6/10/2021). 

Hingga saat ini belum ada penjelasan dari Google mengenai pernyataan mantan karyawannya tersebut. Jadi tidak diketahui apakah penjelasannya soal Google menciptakan Tuhan atau robot lengan itu benar atau hanya gurauan belaka. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0