IDC: Prediksi Pasar Smartphone dalam 5 Tahun ke Depan

Telset.id, Jakarta – Menurut perusahaan riset pasar IDC, pengiriman smartphone global pada 2017 akan mengalami pertumbuhan sekitar 3 persen di tahun ini. Artinya IDC meramalkan bahwa 1,52 miliar unit smartphone akan dikirim pada 2017. Lantas, bagaimana prediksi pasar smartphone dalam 5 tahun ke depan?

IDC mengungkapkan bahwa pengiriman smartphone global pada 2016 mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun hanya 2,5 persen. Ini merupakan rekor terburuk yang pernah terjadi di industri smartphone dunia. Sementara di 2017, IDC memprediksi akan terjadi pertumbuhan sekitar 3 persen. Itu artinya, IDC meramalkan bahwa 1,52 miliar unit smartphone akan dikirim pada 2017.

Sedangkan untuk 2018, pengiriman smartphone global akan meningkat sebesar 4,5 persen. IDC juga memperkirakan pertumbuhan pasar smartphone untuk 5 tahun ke depan. Analisis pasarnya menunjukkan bahwa hal itu akan terus tumbuh secara konsisten karena kondisi yang membaik di beberapa negara berkembang.

Faktor lain yang ikut mendorong pertumbuhan smartphone, salah satunya hadir dari kehadiran iPhone 8 yang nantinya bertepatan dengan ulang tahun Apple ke 10.

IDC juga mengatakan bahwa separuh dari jumlah penduduk dunia tidak memiliki smartphone. Dan pada tahun 2021, pengiriman seluruh dunia diperkirakan mencapai 1,745 miliar unit.

IDC juga memperkirakan pada tahun ini, penjualan iPhone akan tumbuh sebesar 3,8 persen dan akan tumbuh lebih tinggi pada 2018. IDC juga memperkirakan bahwa Apple akan mengirimkan 223,6 juta unit iPhone pada 2017. Angka ini sedikit lebih rendah dari prediksi sebelumnya. Pengiriman iPhone diperkirakan akan meningkat menjadi 240 juta unit pada 2018. Ini berarti Apple mungkin akan mengalami pertumbuhan 7,5 persen dari tahun ke tahun.

Sejauh menyangkut perangkat Android, dua pasar yang sedang berkembang seperti Timur Tengah dan Afrika diperkirakan akan mengalami pertumbuhan 10% tahun ke tahun. Perangkat Android akan memiliki harga jual rata-rata $ 198 pada 2021.

Setelah Galaxy Note 7 gagal, Samsung berhasil mempertahankan reputasinya dengan meluncurkan Galaxy S8 dan Galaxy S8+ . Perusahaan asal Korea Selatan ini berhasil menjual Galaxy S8 dua kali lebih cepat dari Galaxy S7.

Perusahaan riset tersebut mengklaim bahwa acara utama Apple yang akan diselenggarakan pada bulan September tahun ini akan menjadi “salah satu pengumuman terbesar Apple yang pernah ada.” Apple akan mengeluarkan iPhone 8 dengan peningkatan ukuran layar hingga 5,8 inci. Sehingga patut kita tunggu.

IDC menambahkan bahwa dalam dua tahun ke depan, perusahaan smartphone akan saling menyaingi di segmen display karena Samsung dan LG telah memulai pertarungan dengan meluncurkan smartphone dengan layar bezel-less 18:9.

Apple juga bisa memasuki battle display di akhir tahun ini. Pada tahun 2021, smartphone dengan layar 5,5 inci dan 6 inci akan memegang pangsa pasar terbesar.

Meskipun pasar smartphone low-end masih mengalami pertumbuhan paling besar dalam beberapa tahun terakhir, namun smartphone kelas atas akan terus mendorong lebih banyak penjualan. Kemajuan teknologi layar, kamera dan penyimpanan akan membuat pengguna smartphone high-end meng-upgrade ponsel mereka.

Untuk lima tahun ke depan, IDC memperkirakan bahwa Android OS akan memiliki pangsa pasar 85,1 persen dan iOS akan menjadi yang terbaik kedua dengan pangsa pasar 14,5 persen. (MS/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI