Tidak Semua Kamera Ganda Sama

Telset.id – Smartphone dengan fitur kamera ganda sejatinya bukanlah sesuatu yang baru. Karena pada tahun 2014, HTC telah meluncurkan smartphone dengan fitur dual-camera untuk seri HTC One M8. Ini merupakan cikal bakal smartphone kamera ganda pertama yang pernah ada, sebelum akhirnya banyak diadopsi oleh banyak vendor lainnya pada saat ini.

Tahun 2016 menjadi momentum merebaknya smartphone dual camera. Hampir semua pabrikan ponsel kini mulai berlomba merilis smartphone kamera ganda, dan tren itu pun masih berlanjut sampai tahun 2017.

Intinya kamera ganda adalah teknologi kamera yang memiliki dua lensa dengan sensor gambar atau frame film yang terpisah untuk setiap lensa. Hal ini memberikan kemampuan kamera untuk menangkap gambar tiga dimensi. Proses ini yang dikenal sebagai fotografi stereo, karena kamera ganda digunakan untuk menangkap gambar dan video sekaligus.

Yang menarik adalah, setiap pabrikan smartphone menambahkan fitur kamera ganda dengan tujuan yang berbeda. Lensa kamera primer untuk melakukan pekerjaan yang sama atau sedikit memodifikasi seperti kamera smartphone pada umumnya. Sementara lensa kedua melakukan fungsi sesuai dengan kebutuhan dari produsen tersebut terhadap fitur yang diinginkan.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat pengguna saat menggunakan smartphone dengan fitur kamera ganda. Berikut ini beberapa keuntungan kamera ganda:

  1. Bisa menghasilkan foto dengan efek depth-of-field atau bokeh yang lebih bagus
  2. Fokus lebih cepat
  3. Memungkinkan untuk refocus pada foto yang telah diambil
  4. Bisa menambahkan efek kreatif
  5. Gambar dengan detail dan ketajaman yang lebih bagus

 Sejauh ini, ada dua jenis kamera ganda yang banyak disematkan pada smartphone yang beredar di pasaran saat ini. Tipe pertama disebut sebagai “Sistem Kamera Ganda Stereoskopik“, dan yang kedua adalah “Sistem Kamera Ganda hybrid“.  Perbedaan keduanya adalah hanya di bagian lensanya saja. Hitungan megapiksel bisa berbeda antara kedua kamera pada satu smartphone.

Sistem Kamera Ganda Stereoskopik

Jenis kamera ganda ini membuat kedua kamera bekerja sama untuk mendapatkan lebih banyak detail visual, khususnya informasi mendalam. Pada sensor kamera utama dirancang khusus untuk menangkap warna (RGB), sementara sensor kamera kedua akan berfungsi untuk menangkap gambar secara lebih detail. Dengan begitu, pengguna akan dapat hasil jepretan dengan tingkat kejernihan, kekayaan warna, dan otentisitas yang lebih tinggi.

Ini berarti kedua lensa itu identik dengan focal length yang sama dan aperture yang sama. Dalam istilah awam, sistem kamera ini seperti memiliki dua mata. Sebagai bonus, jenis dual camera ini juga memiliki kecepatan fokus yang lebih cepat dan kemampuan untuk memfokuskan gambar. Smartphone yang mengadopsi sistem dual stereoskopik ini dapat kita temui pada Huawei P9 dan HTC One M8.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Jokowi Kirim Draf RUU Perlindungan Data Pribadi ke DPR

Telset.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan draf Rancangan Undang-undang atau RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP)...

Tips Lindungi Mata dengan Pasang Blue Light Filter di Android

Telset.id - Banyak dari Anda yang pastinya menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar smartphone. Tapi, tahukah Anda bahwa layar smartphone...

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Instagram, Gratis!

Telset.id - Satu hal yang wajib dilakukan sebelum upload foto di Instagram adalah, edit foto terlebih dahulu. Di Instagram memang...

Apple iMac Mendatang Punya Desain Mirip “Selembar Kaca”

Telset.id, Jakarta - Apple mempertahankan desain iMac selama bertahun-tahun. Namun, pada masa mendatang, Apple tak ingin iMac terbaru tampil...

Film LGBTQ Lindungi Sumber Anonim dengan “Wajah Ganda”

Telset.id, Jakarta  - Film dokumenter 'Welcome to Chechnya' baru yang ditayangkan di Sundance Film Festival menampilkan sesuatu yang berbeda....
- Advertisement -