Xiaomi Segera Rilis Prosesor Sendiri ‘Pinecone’

Telset.id, Jakarta – Xiaomi sudah sejak tahun 2015 lali dirumorkan akan membuat prosesor sendiri. Dan kabar itu memang bukan sebatas rumor, karena menurut kabar terbaru menyebutkan bahwa Xiaomi akan merilis prosesor buatan sendiri bernama Pinecone dalam waktu dekat.

Xiaomi akan segera menyusul para pesaingnya, seperti Samsung, Apple, dan juga Huawei, untuk membuat prosesor sendiri. Pabrikan asal China ini sepertinya ingin mengurangi ketergantungannya pada manufaktur chipset, seperti MediaTek dan Qualcomm.

Rumor teranyar menyebutkan bahwa Xiaomi berencana akan merilis prosesor barunya yang bernama Pinecone dalam waktu satu bulan ke depan, atau bulan Maret. Bahkan ada kabar lain yang malah mengatakan prosesor Pinecone akan diluncurkan pada Februari ini.

Sampai saat ini masih simpang siur soal smartphone apa yang akan pertama memakai prosesor buatan Xiaomi sendiri itu. Ada rumor yang mengatakan prosesor pertama Xiaomi itu akan dilakukan bersamaan dengan peluncuran Mi 5c teranyar. Tapi ada kabar lain yang menyebutkan Pinecone kemungkinan akan digunakan di Xiaomi Mi 6, yang dijadwalkan rilis pada Maret mendatang.

[Baca juga: Xiaomi Meri Gunakan Chipset Buatan Sendiri?]

Rencana ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama. Kalau Anda masih ingat, pada tahun 2014 lalu, sebuah perusahaan bernama Beijing Pinecone Electronics yang dikendalikan oleh Xiaomi menandatangani perjanjian dengan desainer chip asal China, Leadcore Technology Ltd, merancang chip 4G chip dengan multiple mode. [HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI