Nintendo Switch Punya Aplikasi Parental Controls via Smartphone

Telset.id, Jakarta – Pada akhir tahun lalu, Nintendo membuat kejutan dengan memperkenalkan konsol barunya, Nintendo Switch, yang bisa berubah dari konsol gaming mobile ke konsol rumahan. Untuk melengkapinya, Nintendo juga menyiapkan aplikasi mobile “Nintendo Switch Parental Controls”, untuk “mendampingi” konsol barunya tersebut.

Aplikasi mobile yang akan tersedia untuk iOS dan Android ini akan dirilis bersamaan dengan peluncuran konsol Nintendo Switch pada 3 Maret mendatang. Lantas apa fungsi dari aplikasi pendamping Switch?

Aplikasi ini diperuntukkan bagi para orang tua agar dapat mengawasi anak-anaknya saat bermain game dengan konsol Switch. Aplikasi Nintendo Switch Parental Controls ini secara default bisa mengatur batasan waktu bermain, hingga jam berapa mereka bisa mengoperasikannya.

Yang menarik, orang tua juga bisa mengatur jadwal bermain anak-anaknya secara ketat. Jadi aplikasi ini memiliki sistem yang bisa mengatur waktu konsol ini dapat digunakan. Misalnya, hanya bisa dimainkan pada jam-jam tertentu atau saat akhir pekan saja. Di luar waktu yang telah ditentukan, konsol ini mati alias tidak bisa dimainkan.

[Baca juga: Nintendo Switch, Gaya Baru Bermain Games]

Selain itu, orang tua juga dapat dapat mengawasi game-game apa saja yang dimainkan anak-anaknya, karena aplikasi ini memiliki fitur yang membuat peraturan Switch sangat ketat untuk para pemainnya. Anak-anak tidak akan bisa memainkan game dengan rating yang bukan untuk usia mereka (misalnya game khusus remaja atau dewasa). Aplikasi ini juga bisa menutup layanan chat dan media sosial.

Aplikasi tersebut dinamai Nintendo Switch Parental Controls dan akan diluncurkan untuk Android dan iOS begitu Switch dipasarkan. Para pengguna Switch bisa memilikinya secara gratis, tanpa dipungut biaya.

Nintendo Switch sendiri rencananya akan diluncurkan pada 3 Maret mendatang dengan harga USD 299,99 atau sekitar Rp 3,9 jutaan. Tidak seperti kebanyakan konsol yang biasanya membanderol aplikasi tambahan, untuk aplikasi Nintendo Switch Parental Controls ini diberikan secara gratis. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada konsol Nintendo rumahan dan portabel.[HBS]

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI