Stiker Ini Ubah Smartphone Biasa Jadi Punya Wireless Charging

Telset.id, Jakarta – Smartphone yang memiliki fitur wireless charging memang masih terbilang sangat sedikit. Namun salah satu startup asal Prancis yakni Energysquare membuat sebuah terobosan baru yang memungkinkan smartphone biasa punya fitur wireless charging.

Ada stiker yang mampu mengubah smartphone biasa menjadi memiliki fitur wireless charging? Jangan kaget, ternyata itu hanyalah stiker panjang dan kecil yang ditempel di bagian belakang dan dihubungkan langsung ke port USB pada smartphone atau perangkat mobile lainnya.

[Baca juga: LG G6 Tambahkan Fitur Baru, Tahan Air dan Wireless Charging?]

Ya, Energysquare memperkenalkan dua sistem yang saling berhubungan yakni stiker kecil tadi dan juga sebuah pad yang berfungsi sebagai tempat untuk menggunakan wireless charging. Jadi proses pengisian dari alat tersebut adalah, ketika smartphone sudah ditempel stiker wireless charging, kemudian smartphone ditaruh tepat di atas pad, maka stiker akan menerima daya melalui dua elektroda kecil dari pad tersebut.

Bayak Pilihan Port USB

Ada beberapa pilihan jenis stiker sesuai jenis port USB dari smartphone yakni micro USB, USB-C, dan lightning.

stiker wireless charging

Meski terbilang sebagai inovasi baru, namun teknologi ini masih memiliki kekurangan alias belum sempurna. Kekurangan tersebut adalah jika smartphone sudah ditempeli stiker di bagian belakangnya yang juga akan terhubung langsung ke port USB, maka smartphone tersebut tidak akan bisa mengisi baterai dengan cara biasa.

[Baca juga: Canggih! Charge Baterai Smartphone Hanya Pakai Jari]

Untuk memilikinya, Anda hanya harus rela mengeluarkan uang sebesar $89 atau sekitar Rp 1,1 jutaan untuk lima stiker serta satu buah pad wireless charging di Kickstarter. Untuk menambah jumlah stiker, Anda juga bisa membelinya dengan harga $10 atau sekitar Rp 130 ribuan per lima stiker tambahan. Bagaimana berminat? [FHP/HBS]

SourceBGR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI