Wow, ‘Setelan Canggih’ Ini Bisa Pantau Proses Penyembuhan Pasien Stroke

Telset.id, Jakarta – Sekelompok mahasiswa pascasarjana asal Belanda membuat sebuah setelan canggih untuk membantu para dokter dalam mengawasi pasien penderita stroke yang tengah berada dalam masa pemulihan. Proyek ini, yang dihasilkan Bart Klaassen dan kawan-kawan dari University of Twente sendiri pada dasarnya berasal dari inisiatif penelitian FP7 Eropa.

Idenya adalah bahwa sementara pasien dapat dipantau dengan baik saat ia berada di klinik rehabilitasi atau saat melakukan pemeriksaan rutin, kehidupan sehari-hari seperti ketika ia berada di rumah, bangun tidur, memasak dan yang lainnya adalah hal yang tidak mudah untuk diamati. Itu sebabnya, keberadaan sebuah alat untuk memantau semua ini menjadi keperluan.

“Kebutuhan akan sistem semacam ini sebenarnya sudah lama ada, namun teknologinya tidak siap,” jelas Klaassen dalam sebuah pernyataan.

suit-for-stroke-2

Ia menjelaskan, seperti dilansir Techcrunch, Kamis (1/12/2016), setelan ini nantinya akan dikenakan di dalam pakaian selama beberapa bulan, dan meliputi 41 sensor yang berfungsi untuk melacak kekuatan, fleksibilitas, cara berjalan dan metrik terkait lainnya. Data-data ini kemudian dikumpulkan secara nirkabel dan diproses oleh (saat ini) server universitas.

“Kami telah berhasil dalam pemodelan semua gerakan yang relevan, dan dalam membersihkan data yang relevan untuk terapis dengan menyaring sisanya,” kata Klaassen. “Proyek kami telah menyampaikan teknik-teknik baru dan metode yang dapat digunakan untuk memantau pasien di rumah untuk waktu yang lama, dan untuk mengidentifikasi perbedaan dengan pengukuran klinis terstruktur.”

Ada kemungkinan, sensor dan data juga dapat digunakan untuk melacak kemajuan dalam kasus lain (di luar penderita stroke), tetapi penelitian Klaassen difokuskan pada satu domain untuk saat ini. Namun jika terbukti berguna, ini bisa diadaptasi untuk digunakan dalam bentuk lain dari terapi fisik.

Saat ini, setelan canggih ini belum masuk dalam tahap produksi atau semacamnya, atau apakah akan benar-benar diproduksi secara massal atau tidak. Sejumlah pertanyaan pun hadir terkait apakah ini akan dijual dengan harga yang murah atau sebaliknya, atau apakah ini akan dapat dicuci atau tidak. Nah, bagaimana menurut Anda? [IF]

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here