Perbandingan: iPhone 7 IP67 vs Galaxy S7 IP68

Telset.id, jakarta – Apple tadi malam baru saja mengumumkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Di antara fitur-fitur baru pada kedua smartphone ini, terdapat fitur yang baru diimplementasikan Apple kepada iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yakni fitur tahan air dan debu IP67. IP disini adalah singkatan dari Ingress Protection.

Pesaing terdekat Apple yakni Samsung juga pada awal tahun ini sudah meluncurkan Samsung Galaxy S7 dengan fitur yang sama yakni tahan air dan debu namun memiliki peringkat IP68. Jadi apa yang menyebabkan perbedaan peringkat tersebut? Dan apa perbedaan antara keduanya? Berikut Tim Telset.id coba berikan jawabannya untuk anda para pembaca setia.

[Baca Juga: 5 Fitur yang Jadikan iPhone 7 Luar Biasa]

Hal yang pertama adalah peringkat IP untuk ketahanan ini terdiri dari dua nomor. Nomor pertama dalam hal ini adalah 6 merupakan rating untuk perlindungan dari debu. Untuk iPhone 7 dan Galaxy 7 sama-sama seri untuk perlindungan akan debu. Itu artinya keduanya mampu “menghalau” masuknya partikel-partikel kecil yang dapat masuk ke dalam ponsel.

Sedangkan untuk nomor yang kedua adalah rating untuk pelindungan dari air. iPhone 7 memiliki nomor 7 dan itu merupakan hasil yang cukup baik karena smartphone dengan rating IP67 ini mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 1 meter dengan rentang waktu hingga 30 menit. Jadi masalah ketumpahan air, tercebur ke dalam kolam atau bak mandi seharusnya bukan masalah lagi untuk iPhone 7. Sementara itu Galaxy S7 memiliki rating 8, apakah lebih baik dari iPhone 7? Ternyata nilai IP68 ini dapat bervariasi bagi beberapa produk. Samsung telah merumuskan perlindungan akan air ini untuk Galaxy S7 di situs resminya.

“IP68 untuk peringat Ingress Protection terhadap debu dan air maksudnya adalah perangkat anda benar-benar terlindungi dari debu dan air hingga kedalaman 5 kaki atau 1.5 meter dengan rentang waktu hingga 30 menit,”

Berarti Galaxy 7 lebih baik untuk segi tahan air ketimbang iPhone 7. Dengan menggunakan Galaxy S7, penggunanya bisa “menenggelamkan” perangkatnya lebih dalam ketimbang iPhone 7. Ya, IP67 da IP68 hanya berbeda setengah meter saja untuk kedalaman air. Namun tetap saja kami menyarankan untuk tidak dengan sengaja menyimpan smartphone anda di dalam air pada waktu yang lama.

Kami juga mengingatkan kepada anda untuk tetap menjaga smartphone-nya dan tidak bertindak lebih ceroboh karena tahu bahwa smartphone yang dimiliki sudah “kuat” karena menurut pernyataan dari situs Apple yakni:

“Tahan akan air dan debu tidaklah permanen karena mungkin saja akan menurun akibat pemakaian. Jadi jangan mencoba secara sengaja untuk membuat iPhone basah,”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI