Dibuang Sayang, Arsipkan Foto Lawas dengan Cara ini!

Telset.id – Semua orang pasti memiliki setidaknya satu album foto yang berisikan semua kenangan bersama teman, keluarga atau orang-orang yang dicintai. Tentu di jaman serba teknologi seperti sekarang ini, kita ingin membagikan foto-foto lawas yang ada di album foto ke media sosial atau sekedar menyimpannya ke PC atau ponsel kan?

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengarsipkan atau “menyelamatkan” foto-foto lama yang ada di album foto kita. Tim Telset.id akan membantu Anda untuk memberikan cara-caranya jadi simak baik-baik ya!

Gunakan Scanner untuk Hasil Lebih Baik

Jika di rumah terdapat scanner, tidak ada salahnya untuk menggunakannya kok. Tapi pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan foto serta scanner Anda dari debu agar nantinya hasil scan dari foto lebih maksimal. Jika sudah, sekarang pikirkan foto tersebut nantinya akan diurutkan berdasarkan apa? Nama atau tanggal? Nah jangan lupa beri nama (kami sarankan untuk memberi nama sesuai acara/momen dari foto).

Setiap scanner memiliki pengaturan yang berbeda-beda, kami tidak bisa memberikan setiap caranya satu persatu, tapi kami akan memberikan tipsnya:

  1. Beberapa scanner memiliki kemampuan untuk dapat scan beberapa foto dalam sekali waktu, jadi jika Anda memiliki scanner berkemampuan “khusus” tersebut lebih baik ukuran fotonya diatur ke 4×6 inch perfoto, dan crop hasilnya nanti. Itu akan menghemat waktu Anda dalam melakukan scan foto.
  2. Pilih resolusi paling sedikit 300 dots per inch hingga 600 dots per inch jika berencana ingin memperbesar foto tersebut.
  3. Manfaatkan opsi editing seperti crop, pengaturan warna, penyesuaian kecerahan serta menghilangkan red-eye.

Gunakan Ponsel untuk Scan Foto

Dengan menggunakan aplikasi pendukung serta menggunakan smartphone yang memiliki kamera dengan kualitas tinggi seperti iPhone 6S atau Samsung Galaxy S7, kita dapat dengan cepat scan foto lama dan mengarsipkannya atau membagikannya dengan teman. Namun, hasil yang didapat mungkin tidak sebagus menggunakan scanner tapi ini adalah cara cepat yang mungkin masih bisa Anda coba. Pertama, unduh dan install Shoebox. Aplikasi ini gratis dan dapat digunakan untuk iPhone atau Android.

Gunakan Macro Lens dari Film

Anda bisa mengamankan foto lama Anda dengan menggunakan dSLR yang dilengkapi dengan macro lens. Proses ini mengharuskan Anda untuk mengambil serangkaian foto dari film dengan fokus pada setiap bagian untuk sekali pengambilan. Setelah berhasil melakukan pengambilan, gunakan software pendukung untuk menggabungkan foto tersebut. Istilahnya, Anda membuat versi digital dari film foto.

Biarkan Orang Lain untuk Scan Foto

Jika ketiga solusi diatas lumayan membuat Anda pusing, solusi terakhir yang kami berikan adalah, cobalah meminta tolong kepada orang lain yang lebih ahli dalam hal ini seperti Scanmyphotos.com yang dapat membuat hasil scan foto dengan baik. Setiap foto dihargai %0.16 tergantung kualitas apa yang Anda pilih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI