Xperia X Premium dengan Layar HDR Punya 1 Miliar Warna

Telset.id, Jakarta – Pada MWC 2016, Sony telah meluncurkan tiga smartphone baru, Xperia X, Xperia X Performance, dan Xperia XA. Seri X dikatakan akan menggantikan seri Z, yang pada 2015 lau meluncurkan Xperia Z5 sebagai perangkat terakhir seri Z.

Nah, sebuah informasi terbaru menyebutkan bahwa Sony akan meluncurkan perangkat baru yang disebut Sony Xperia X Premium, yang akan menjadi penerus dari Xperia Z5 Premium yang telah dipensiunkan. Lantas apa yang istimewa dari Xperia X Premium?

Seperti kita tahu, Xperia Z5 Premium adalah smartphone pertama di dunia yang dilengkapi fitur layar dengan resolusi 4K. Kabarnya, Sony akan menjadikan Xperia X Premium sebagai smartphone yang menampilkan layar paling terang di dunia.

Xperia X Premium disebutkan akan memiliki layar LCD WhiteMagic 5,5-inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) yang mendukung Dynamic Range (HDR). Itu artinya, Xperia X Premium akan menjadi smartphone pertama di dunia yang didukung fitur HDR display.

Hingga saat ini, bahkan smartphone terbaik di dunia menawarkan kedalaman warna hanya 16,8 juta, tetapi 10-bit HDR tampilan Xperia X Premium menawarkan kedalaman warna 1,07 miliar.

Dengan layar tersebut, smartphone Xperia X Premium akan memiliki tingkat kecerahan 1.000 nites, dan bahkan mungkin bisa mencapai 1.300 nits. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy S7 hanya mampu menawarkan kecerahan maksimum 855 nits, sementara Xiaomi Mi 5 mentok di 600 nits.

Hingga saat ini, smartphone high-end terbaik di dunia sekalipun hanya mampu menghasilkan kedalaman warna 16,8 juta. Sedangkan nanti layar HDR Xperia X Premium akan mampu menghasilkan 1,07 miliar warna.

Selain itu, Xperia X Premium juga akan dilengkapi fitur refresh rate hingga 120 Hz, rasio kontras 2.000:1, yang akan menjadi panel layar paling cerah dan berwarna yang dimiliki oleh sebuah smartphone.

Untuk spesifikasi lainnya, Xperia X Premium akan didukung chip Snapdragon 820 ditambah dengan GPU Adreno 530 dengan RAM 3 GB. Kemudian ada juga fitur USB Type-C dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi, yang memungkinkan untuk mentransfer konten HDR.

Sementara ini tidak ada informasi tentang kapan Sony akan mengumumkan Xperia X Premium. Kemungkinan ajang IFA 2016 pada September mendatang menjadi debut bagi jagoan terbaru dari Sony ini. [HBS]

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI