7 Hal Yang Bisa Dilakukan dengan NFC

Telset.id –  Saat ini sebagian besar ponsel datang dengan kemampuan NFC (near field communication). Akan tetapi ada sebagian pengguna yang tidak dapat atau mengetahui fungsi dari fitur satu ini. Berikut 7 fungsi NFC.

Cara mengaktifkan NFC

AndroidPIT-best-ways-to-use-nfc-4-w782Pertama, menggunakan NFC Anda harus memiliki perangkat yang mendukung NFC. Jika Anda masuk ke menu pengaturan> Wireless & jaringan, Anda akan melihat ada fitur NFC, ini berarti perangkat Anda dapat menggunakannya. Untuk mengaktifkannya juga dari menu yang sama.

 

Cara menggunakan NFC

AndroidPIT-best-ways-to-use-nfc-2-w782Untuk menggunakan NFC, hanya menempelkan dua perangkat berkemampuan NFC bersama-sama, atau pilih Android Beam di pilihan Share ketika berbagi file. Jika perangkat menjadi terpisah agak jauh maka akan muncul notifikasi untuk meminta Anda untuk mendekatkan dua perangkat tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan NFC.

  1. Kirim Nomor Telepon

Jika Anda sedang menonton konser dan terlalu susah untuk mengetik, menggunakan NFC adalah cara paling sederhana untuk memberikan nomer telepon dan Anda tidak perlu harus mengetik angka apapun.

Caranya arahkan ke dalam buku kontak alamat Anda (bisa Anda sendiri atau orang lain), kemudian tekan telepon ke penerima dan bila telepon Anda mengatakan “sentuh untuk beam”, Anda tinggal menekan layar.

AndroidPIT-best-ways-to-use-nfc-1-w782

  1. Untuk Mengirim Gambar

Mengirim gambar semakin mudah, dengan menggunakan NFC. Buka gambar yang ingin Anda kirim di galeri, lalu dekatkan ponsel dengan cara saling membelakangi dan tekan Beam.

AndroidPIT-best-ways-to-use-nfc-3-w782

  1. Kirim Dokumen

Ini bisa menjadi proses yang sedikit rumit. Jika Anda mencoba mengirim dokumen PDF , misalnya kirim file PDF dengan membuka filenya terlebih dahulu, lalu tekan ikon yang ada di atas kanan lalu pilih Android Beam dan tempelkan smartphone dengan posisi saling membelakangi.

4.Mengirim Aplikasi  

Hal ini biasanya Anda lakukan ketika Anda melihat aplikasi yang diinginkan di ponsel teman Anda. Misalkan saja aplikasi cuaca. Ya, dengan NFC Anda dapat langsung ke Play Store untuk mengambil aplikasi favorit ataupun games. Selama Anda menggunakan aplikasi atau game pada saat itu, NFC akan mengarahkan penerima ke halaman aplikasi Google Play.

AndroidPIT-best-ways-to-use-nfc-7-w782

  1. Mengirim Peta Navigasi

Ada banyak waktu yang terbuang ketika Anda diminta untuk menjelaskan arah dengan seseorang, tetapi dengan NFC Anda tidak perlu. Gunakan Google Maps, lalu kirimkan melalu NFC ke perangkat teman Anda.

  1. Menjalankan Aplikasi di Ponsel Orang Lain

Jika Anda menggunakan aplikasi atau bermain game yang sudah diinstal pada perangkat lain, Anda dapat mengontrol secara bersamaan. Katakanlah Anda menggunakan  Google foto dan teman Anda ingin memeriksa foto mereka juga, tetapi tidak dapat menemukan aplikasi yang diinginkan, Anda bisa membantunya dengan smartphone yang Anda miliki.

AndroidPIT-best-ways-to-use-nfc-6-w782

  1. Lakukan Pembayaran

NFC juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara mobile. Yup, jika anda tinggal di Amerika Serikat, fitur Android Pay bisa digunakan untuk melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan ponsel Anda ke mesin pembayaran, dengan terlebih dulu menambahkan info kartu kredit atau kartu debit di Android Pay. Teknologi ini memang belum diaplikasikan di Indonesia, tapi dalam satu atau dua tahun kedepan, Anda mungkin terbiasa menggunakan cara ini untuk berbelanja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Rekomendasi 10 Game Anak-anak Terbaik di Android 2020

Telset.id, Jakarta - Smartphone dan gaming sepertinya telah menjadi hal yang sulit dipisahkan belakangan ini. Kini, bahkan anak-anak memanfaatkan...

Sony Gelar Acara 3 Juni, Siap Pamerkan PlayStation 5?

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat diumumkan pada tahun lalu, Sony PlayStation 5 sepertinya hanya tinggal menunggu waktu untuk hadir...

Barisan Smartphone Huawei dengan EMUI 10.1, Ada Huawei P30!

Telset.id, Jakarta – Jajaran produk Huawei P40 datang dengan EMUI 10.1, yang merupakan versi terbaru dari perangkat lunak EMUI...

Cara Menggunakan Layanan VoLTE Telkomsel

Telset.id, Jakarta - Seiring dengan semakin matangnya 4G, penerapan teknologi Voice over LTE (VoLTE) pun menjadi hal yang lumrah...

Siap-siap! Oppo Reno4 dan Reno4 Pro Meluncur 5 Juni

Telset.id, Jakarta - Setelah sempat wara-wiri di dunia maya, menampilkan baik rupa maupun spesifikasinya, Oppo Reno4 akhirnya benar-benar mengisyaratkan...
- Advertisement -