Pingin Membuat Rumah Pintar? Begini Caranya!

Telset.id – Internet of Things merupakan gambaran dari sebuah teknologi yang mampu mengubah sesuatu hal yang tidak dianggap “pintar” menjadi suatu hal yang berguna bagi semua orang. Beberapa tahun ini, banyak perangkat rumah tangga cerdas yang diluncurkan oleh beberapa perusahaan teknologi, sebut saja Samsung. Nah, Tim Telset.id dengan senang hati akan memberitahukan kepada Anda bagaimana memanfaatkan alat-alat pintar tadi untuk mengubah rumah “biasa” Anda menjadi rumah pintar.

Penerangan

Memasang penerangan pintar merupakan hal sederhana yang mungkin akan menjadi daftar pertama yang perlu dilakukan oleh Anda. Dengan penerangan ini, lampu-lampu akan menyesuaikan dengan kondisi cahaya pada kamar/ruangan di rumah, ataupun mengontrol lampu dari jarak jauh hanya dengan menggunakan ponsel atau tablet, bahkan Anda juga dapat mengatur jadwal kapan lampu akan hidup atau mati. Hal keren lainnya adalah lampu ini dapat diubah menjadi alarm untuk membangunkan Anda di pagi hari.

Pemanas Ruangan

Hal kedua yang perlu diperhatikan untuk mengubah rumah menjadi rumah pintar adalah sistem penghangat ruangan. Dengan sistem ini, Anda dapat mengontrol suhu ruangan hanya dengan laptop, smartphone atau tablet. Dan yang terpenting adalah dengan alat ini kita dapat menghemat listrik karena penghangat ruangan dapat diatur dengan mudahnya dari ketiga perangkat tersebut.

Kebersihan

Mungkin Anda pernah melihat atau mendengar robot vacuum cleaners yang dapat diatur dengan Android atau iOS lewat aplikasi. Ya, itu adalah salah satu dari hal ketiga yang perlu ditambah untuk rumah pintar. Dengan menggunakan robot ini, Anda dapat membersihkan ruangan hanya dengan ponsel. Alat ini terbilang mahal, namun jika dilihat dari fungsinya, patut untuk dibeli.

Robot vacuum cleaner

Saklar

Saklar pintar ini dapat terintegrasi dengan ponsel atau tablet kita, agar nantinya kita dapat mengontrolnya melalui aplikasi. Dengan saklar ini, kita dapat mengatur jadwal, memantau penggunaan energi pada perangkat elektronik, dan mengetahui perangkat apa saja yang paling sering digunakan. Berbekal hal inilah penggunaan listrik dapat terjaga dan tentu kita dapat berhemat.

Bel Cerdas

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan menambah bel pintar di rumah Anda. Dengan dikombinasikan dengan sistem keamanan seperti CCTV, maka rumah Anda dipastikan aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Saat ini sistem keamanan rumah dapat diakses dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet.

Soket USB

Tidak ada salahnya untuk menyediakan soket USB di rumah Anda karena bisa saja sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melakukan pengisian pada smartphone atau tablet. Jadi tidak perlu lagi menggunakan colokan untuk mengisi daya ponsel atau tablet lagi.

Sistem Hiburan

Ya, kita perlu memperhatikan hiburan untuk dipasangkan di rumah. Contohnya adalah sistem home cinema dengan memasangkan speaker ke DVD player lalu ke Freeview box dan kemudian ke Apple TV. Bahkan, Anda juga dapat menggunakan Logitech Harmony Smart Control yang mampu mengontrol sampai 225.000 perangkat. Dan jika ada salah satu perangkat yang tidak mampu dikontrol oleh alat ini, Anda dapat memprogramnya dengan menggunakan remot. Hebatnya lagi, Anda dapat mengontrol Harmony vie iPhone atau Android, PC atau Mac dari manapun. Dengan alat ini juga, kita dapat mengatur tindakan untuk Harmony agar dapat memudahkan hari-hari Anda. Misalnya, nyalakan TV, nyalakan Freeviews box, nyalakan speaker, ganti channel Freeview ke 28 dan naikkan volume speaker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here