Apa yang Terjadi Setiap Menit di Dunia Maya?

Telset.id –  Kian hari posisi Internet semakin penting bagi manusia sebagai sarana komunikasi. Miliaran orang di berbagai belahan dunia sudah terkoneksi dengan Internet setiap harinya. Bahkan dalam hitungan menit, jutaan aktivitas telah dilakukan manusia via Internet.

Leonard Kleinrock, sebagai bapak Internet mungkin akan takjub melihat perkembangan hasil temuannya saat ini. Internet telah menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa lepas dari kehidupan manusia urban. Dengan adanya internet, akses informasi menjadi begitu cepat bahkan seolah tak berbatas dan berjarak lagi.

Dampak positif Internet ini ikut mengubah pola interaksi di dalam masyarakat. Tak terbilang berapa dampak positif atas keberadaan Internet. Meski harus diakui terdapat juga segelintir dampak negatifnya.

Sebagai informasi, setelah pertama kali Internet diciptakan Leonard Kleinrock tahun 1969, teknologi Internet terus berkembang pesat. Internet pertama kali online secara publik dan digunakan dalam skala besar mulai tahun 1995. Saat itu, jumlah pengguna Internet yang online sekitar 16 juta orang, atau sekitar 0,4% dari total jumlah populasi dunia di tahun 1995.

Sejak itu, jumlah pengguna internet terus bertambah pesat dari tahun ke tahun. Dan berdasarkan data Internet World Stats, pada Desember tahun 2015 tercatat ada lebih dari 3,366 miliar orang sudah online. Jumlah itu setara dengan 46,4% penduduk dunia.

Dan saat ini sudah ada lebih dari 946.794.693 website yang tersebar di dunia maya, dimana setiap detiknya, trafik Internet global telah menembus angka 30.650 Gigabyte

Terus bertambahnya pengguna Internet berbanding lurus dengan statistik penggunaan berbagai website dan aplikasi atau layanan apapun yang terhubung via Internet. Dari situ muncul hal-hal menarik yang bisa kita lihat pada aktifitas pengguna Internet setiap harinya.

Bahkan dari catatan Internet World Stats, kita akan menjadi semakin takjub melihat aktifitas netizen dalam setiap menit. Nah, berikut ini adalah catatan menarik yang terjadi di Internet setiap 1 menit.

Dalam setiap menit …

  • Ada 4.166.667 Like dan 293.000 status baru muncul di Facebook
  • Pengguna Twitter mengirimkan 347.222 tweet
  • Video-video total berdurasi 300 jam diunggah di YouTube
  • 736.111 Like dan 123.060 postingan baru muncul di Instagram
  • Pemilik perangkat Apple mendownload 51.000 aplikasi
  • 040 panggilan video dilakukan di Skype
  • 204 juta email dikirimkan dari berbagai belahan dunia
  • Google digunakan sebanyak 2,4 juta kali
  • 30 orang menjadi korban tindak pencurian identitas online

 

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI