Selamat Ulang Tahun Mario!

Super Mario newJAKARTA – Game populer Super Mario hari ini genap berusia 30 tahun. Game legendaris dengan tokoh utama “tukang ledeng” Mario dan Luigi ini pertama kali dirilis tahun 1985. Game ikonik ini sudah terjual hingga 310 juta copy di seluruh dunia. Bagaimana kisah game ini pertama kali dibuat?

Game Super Mario Bros menjadi salah satu game abadi yang pernah ada di ranah game konsol. Dari sejak orang tua kita kecil hingga sampai kini menurun ke anak-anaknya, game Super Mario Bros masih tetap eksis sebagai game favorit.

Anda tentu masih ingat dengan tokoh animasi bernama Mario Bros. Bagi para pecinta game tentunya nama ini sudah tidak asing lagi. Sosok berpakaian kodok dengan kumis tebalnya sangat melekat dengan tokoh Mario Bros.

Penciptanya bernama Shigeru Miyamoto yang menciptakan Mario pertama kali muncul dalam game Donkey Kong. Pada saat kemunculannya pertama kali Mario belum memiliki nama panggilan, Mario hanya dipanggil dengan nama “Jumpman“. Bahkan tadinya Mario dipanggil dengan nama Mr. Video game di Jepang.

Menariknya, nama Mario diberikan karena karakter Mario sangat mirip dengan pimpinan Nintendo Amerika yang berkebangsaan Italia bernama Mario Seagle. Saat itu, Miyamoto sadar betul kalau nama-nama Jepang masih sulit diterima masyarakat umum, dan akan mengurangi kepopuleran karakter buatannya di luar Jepang.

Hal menarik lainnya adalah mengenaik “profesi” Mario. Kita selama ini hanya tahu bahwa Mario berprofesi sebagai tukang ledeng. Tapi pada awal kemunculannya, Mario sebenarnya berprofesi sebagai tukang kayu, bukan tukang ledeng seperti sekarang. Percaya atau tidak, pekerjaannya sebagai tukang ledeng tidak pernah dibawa ke dalam game, bahkan pipa ledeng dalam game Super Mario Bros berfungsi sebagai alat transportasi.

Keahlian Mario memperbaiki pipa ledeng justru baru diangkat pada serial animasinya. Mario sebenarnya memiliki beberapa profesi lainnya, seperti dokter dalam game Dr. Mario, Arkeolog dalam game Mario Picross dan pembuat mainan dalam game Mario vs Donkey Kong 2: March of the Minis. Mario sering berganti-ganti pekerjaan mengikuti judul game yang sedang di bintanginya.

Lucunya, Miyamoto sebagai pencipta Mario memakaikan topi pada karakter Mario karena merasa kesulitan menggambar rambut. Selain itu mulutnya juga mengalami nasib serupa, Miyamoto lebih memilih memakaikan kumis tebal pada Mario karena lebih mudah digambar ketimbang harus menggambar mulut.

Next page

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Charge Ponsel Saat Mandi, Remaja 15 Tahun Tewas Kesetrum

Telset.id, Jakarta - Mengisi daya ponsel terbukti tidak boleh dilakukan di sembarang tempat. Seorang perempuan berusia 15 tahun yang...

Cara Resize Ukuran Foto di Smartphone Tanpa Aplikasi

Telset.id - Smartphone masa kini sudah dibekali dengan resolusi kamera yang tinggi. Ini berimbas pada ukuran file dari foto yang...

Wow! Jutaan Burung Terdeteksi Migrasi dari Amerika Selatan

Telset.id, Jakarta - Sebuah radar cuaca di Florida Keys telah menangkap gambar proporsi Hitchcockian, yakni segerombolan besar burung yang...

Angkatan Laut AS Kembangkan Robot Belalang untuk Lacak Bom

Telset.id, Jakarta - Para ilmuwan telah mendapatkan guyuran dana dari Angkatan Laut Amerika Serikat (AS). Dana tersebut bakal digunakan...

Modem Snapdragon X60 Meluncur, Pertama dengan Fabrikasi 5nm

Telset.id, Jakarta - Qualcomm telah meluncurkan modem 5G terbaru, yakni Snapdragon X60. Modem ini merupakan modem 5G ketiga yang diluncurkan oleh...
- Advertisement -
X
X