Xerox Bikin Chip Memori yang Bisa Hancur Sendiri

Xerox chipJAKARTA – Kasus peretasan saat ini sudah sangat meresahkan. Meski sudah banyak anti-virus ditawarkan, namun masih belum menjamin perangat Anda aman. Untuk mencegahnya, Anda mungkin bisa mencoba kartu memori baru dari Xerox yang dapat hancur sendiri.

Kartu memori baru dari Xerox ini memang belum dirilis ke pasaran. Kartu memori ini merupakan bentuk atau bukti fisik dari riset konsep yang didanai oleh DARPA. Tujuannya untuk membantu pegiat keamanan cyber mengatasi peretasan ilegal.

Seperti dilansir Popular Mechanics, kartu memori Xerox ini cukup unik, karena dapat hancur sendiri. Dibuat dari bahan yang sama dengan layar smartphone, kartu memori ini dimodifikasi untuk hancur dalam hitungan menit.

Untuk memicunya, ada sebuah sirkuit di atas alat, dan aktivasi laser transistor di bawah. Sekali saja laser ini bersinar, akan menimbulkan efek retakan yang akan membuat kartu memori ini jadi serpihan super kecil yang tidak bisa dikenali lagi.

Pilihan untuk menghancurkan kartu memori karena dengan pertimbangan daripada menghapus ruang simpan, alat ini memilih hancur dan menghilangkan data selama-lamanya.

Kartu besutan Xerox ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan keamanan untuk menyimpan data penting. Jika ada peretasan, chip tersebut akan hancur dan data yang hilang tidak bisa ditarik ulang.

Tapi, alih-alih jadi alat penyelamat data, bisa saja para hacker meretas alat ini untuk memicu penghancuran chip yang bisa saja merembet ke elemen lain. Artinya, jika tidak digunakan dengan bijak alat ini bisa jadi alat yang membahayakan. [AI/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI