Android 5.x Lollipop Masih Bermasalah Boros Baterai

Android boros bateraiJAKARTA – Google masih memiliki PR yang belum dibereskan hingga sekarang, yakni mengenai masalah borosnya konsumsi baterai setelah digulirkannya update Android 5.x Lollipop.

Belum reda kabar tak sedap mengenai masalah kebocoran memori saat Google mulai merilis update Android 5.0 Lollipop, masalah lain kembali menerpa Google, yakni borosnya konsumsi baterai saat pengguna melakukan update ke Android 5.x Lollipop.

Salah satu thread di Android Issue Tracker telah mulai membahas masalah ini sejak bulan April 2015 lalu, dan telah dibalas sebanyak 600 kali, tapi sayang belum ada solusi yang bisa mengatasi masalah tersebut secara tuntas, solusi yang diberikan masih bersifat sementara.

Menurut laporan dari para pengguna, sejumlah aplikasi yang berjalan dengan menggunakan koneksi internet seringkali tidak bisa mematikan koneksi setelah selesai mengunduh. Akibatnya, baterai ponsel langsung drop hingga 63% dalam waktu hanya 8 jam. Padahal ponsel dalam kondisi tidak digunakan.

Parahnya, para pengguna yang telah menginstall Android M versi developer preview mengatakan masalah ini masih belum hilang juga. Melihat masalah yang berlarut-larut, Google sepertinya tidak memprioritaskan untuk cepat menyelesaikan masalah ini.

Solusi sementara yang bisa dilakukan sekarang adalah, dianjurkan untuk mematikan koneksi data internet di ponsel saat Anda tidak menggunakannya. Atau kalau ada, Anda sebaiknya menggunakan jaringan WiFi. Cara ini cukup membantu untuk mengirit baterai ponsel.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI