Xiaomi Jiplak iPhone? Xiaomi: Emangnya Apple Gak?

Apple-Xiaomi-logoJAKARTA  – Kepala Desain Apple, Jonathan Ive pernah mengatakan bahwa ada sejumlah produsen ponsel yang sudah mencuri desain produk Apple. Salah satu pihak yang dituding Ive sebagai “pencuri” adalah Xiaomi. Tak terima disebut pencuri, petinggi Xiaomi menyerang balik Ive.

Jika Anda masih ingat, pada akhir tahun lalu Jonathan Ive pernah meluapkan kekesalannya karena melihat semakin banyak produsen ponsel yang meniru desain produk Apple. Pria yang biasa disapa sebagai Jony Ive itu menuding sejumlah perusahaan telah mencuri karya desainnya.

Ive mengatakan tidak melihat hal itu (meniru desain Apple pada umumnya) sebagai sanjungan. “Saya melihatnya sebagai sebuah pencurian, dan itu seperti perbuatan pemalas,” ketus Ive saat diminta pendapatnya tentang produk Xiaomi di acara Vanity Fair New Establishment Summit pada akhir tahun lalu.

Meski telah cukup lama berlalu, namun sepertinya pernyataan Ive itu masih membekas di hati Hugo Barra, yang kini menjabat sebagai Vice President International Xiaomi. Menurutnya, tudingan itu sangat tidak beralasan, karena hampir semua desain smartphone sekarang terlihat mirip.

Dia mengakui mungkin ada sedikit kemiripan antara Mi 4 dengan iPhone 5, tapi sekali lagi ia menegaskan bahwa banyak sekali smartphone lain yang juga memiliki kemiripan dengan iPhone 5, tapi kenapa Cuma Xiaomi yang “diserang” oleh Apple?

“Jika semua drama tiru meniru ini dilontarkan karena melihat desain Mi 4 yang mirip iPhone 5,  maka saya menjadi orang pertama yang mengakuinya, memang keduanya ada kemiripan. Tapi bentuk seperti itu juga banyak di perangkat lainnya,” kata Barra.

“Saya tidak ragu untuk mengatakan bahwa saat ini banyak sekali smartphone yang terlihat mirip seperti smartphone yang lain. Anda harus membuat sudut yang melengkung, harus punya home button dengan bentuk tertentu, dsb,” jelas Barra lagi, seperti dikutip telsetNews dari PhoneArena, Minggu (19/7/2015).

Mantan petinggi Google ini memang patut kesal kepada Apple, karena dari sekian banyak produsen ponsel, hanya Xiaomi yang dituduh menjiplak desain iPhone. Padahal memang banyak produsen lain yang membuat smartphone dengan desain yang mirip iPhone.

Lanjut ke halaman berikutnya..

1 KOMENTAR

  1. bisa disimpulkan bahwa apple takut pasarnya diambil alih oleh xiaomi hahahah. gimana enggak takut xiaomi built qualitynya patut diacungi jempol dan juga harganya gak sesuai dengan spesifikasinya yang wow 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI