telset

Trafik Data Telkomsel Paling Sibuk, Naik 140%

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah di Network Operation Center Telkomsel
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengunjungi Network Operation Center Telkomsel. (ist/telkomsel)

JAKARTA – Layanan data menjadi primadona bagi pengguna untuk mengirimkan pesan ucapan selamat Lebaram. Telkomsel mencatat terjadi lonjakan trafik data sekitar 140% secara nasional. Bahkan dibeberapa titik destinasi utama mudik dan daerah wisata lonjakan trafik data bisa mencapai 166%.

Setelah sebelumnya mencatat kenaikan hingga lebih dari 130% di malam takbiran 2015, layanan data Telkomsel masih mengalami kenaikan yang signifikan di saat Lebaran, yakni sebesar 140% jika dibandingan dengan periode yang sama di tahun 2014.

Kenaikan trafik data sangat signifikan masih terkonsentrasi di Area Jawa Bali (Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan Bali) yang merupakan destinasi utama mudik dan daerah wisata.

Kenaikan penggunaan data di daerah tersebut terpantau hingga lebih dari 166% menjadi sekitar 432 ribu Giga Byte, disusul dengan Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) dengan kenaikan hingga 155% menjadi sekitar 307 ribu Giga Byte.

Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel menjelaskan, trafik layanan data mencatat kenaikan paling tinggi sebesar 140% menjadi sekitar 1,5 juta Giga Byte.

“Ini meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2014. Sedangkan dibandingkan dengan hari normal 2015, terdapat kenaikan sekitar 14%,” jelasnya.

Sementara untuk layanan suara, di hari lebaran naik sebesar 13% menjadi sekitar 1,4 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama di tahun 2014, atau naik 1% jika dibandingkan hari normal.

Berbeda dengan layanan data dan voice yang mengalami kenaikan, untuk layanan SMS cenderung stagnan dengan sedikit penuruan sekitar 4% menjadi 957 juta SMS jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama di tahun lalu, atau turun skitar 3% dibandingkan dengan hari normal.

Adapun tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai lebih dari 99%, sedangkan tingkat kesuksesan panggilan suara mencapai lebih dari 98%

“Itu artinya tidak ada masalah yang berarti, dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” pungkas Adita dalam keterangannya, Minggu (19/7/2015).[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0