Telkomsel Operasikan 12 BTS di Perbatasan Timor Leste

Telkomsel di NTT
Ilustrasi (telkomsel)

Atambua  – Telkomsel meresmikan beroperasinya Base Transceiver Station (BTS) di Desa Kewar, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang berlokasi kurang dari satu kilometer dengan perbatasan Timor Leste.

Dengan beroperasinya BTS Kewar tersebut, kini Telkomsel telah menggelar 12 BTS yang berlokasi tepat di perbatasan Indonesia dengan Timor Leste.

“Kami berupaya agar tak ada lagi wilayah Indonesia yang terisolir sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia benar-benar terajut indah dengan adanya jaringan komunikasi,” jelas Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali Yetty Kusumawati, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/5/2015).

Menurutnya, kehadiran layanan Telkomsel di wilayah perbatasan negara akan semakin memperkokohterpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai negara kepulauan.

Selain itu, dengan terbukanya akses komunikasi akan sangat membantu anggota TNI, khususnya dalam menunjang berbagai kegiatan operasional tentara yang bertugas di garda terdepan dalam menjaga keutuhan negara.

“Hadirnya layanan Telkomsel secara nyata menjadi percepatan pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakatan, sekaligus mampu menjadi katalisator dalam mempromosikan potensi daerah,” tandasnya.

Selain itu, lanjut dia, sekaligus menjadi manfaat bagi daya tarik investasi, peluang usaha, bahkan lapangan kerja baru. Terlebih lagi mengingat posisi penting wilayah-wilayah perbatasan yang secara geopolitik sangat strategis dalam menjaga keutuhan negara.

Dengan beroperasinya jaringan Telkomsel di Desa Kewar, kini ada 441 BTS di pulau dan wilayah terdepan perbatasan negara yang telah terlayani jaringan Telkomsel.

Pulau lainnya antara lain Pulau Laut di Natuna berbatasan dengan Vietnam, Pulau Kisar perbatasan Timor Leste, Sei Nyamuk Nunukan dan Entikong perbatasan Malaysia, Pulau Breueh di Aceh berbatasan dengan Thailand, Marore dan Miangas perbatasan Filipina, Pulau Rote dan Sabu berbatasan dengan Australia, serta Papua berbatasan dengan Papua Nugini.

Telkomsel pun saat ini merupakan satu-satunya operator yang fokus menggarap pasar seluler di luar Pulau Jawa, dimana pembangunan infrastruktur jaringan di pulau-pulau terdepan dilakukan mayoritas di Indonesia Timur.

Sebelumnya, di akhir tahun 2014 Telkomsel menambah lima BTS di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia di pulau Kalimantan, yaitu di daerah Tiong Ohang, Long Layu, Agung Baru, Long Apari dan Long Lunuk.

Di samping meresmikan beroperasinya BTS Kewar, Telkomsel juga menyerahkan bantuan berupa tiga unit tandon air yang dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh air bersih secara mudah.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Laptop Pertama dengan Snapdragon 7c Resmi Diluncurkan

Telset.id, Jakarta - Bersamaan dengan diperkenalkannya Snapdragon 865 akhir tahun 2019 lalu, Qualcomm juga turut mengumumkan kehadiran mobile platform...

Sempat Dirahasiakan, Ternyata Segini Harga Samsung Galaxy A71

Telset.id, Jakarta - Samsung baru saja memperkenalkan dua smartphone teranyarnya di tanah air, Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71....

Lebih Bertenaga, Apple Siapkan Bionic A14 untuk iPhone Terbaru

Telset.id, Jakarta - Tahun baru sama artinya dengan perangkat baru. Setidaknya itulah tradisi yang dianut oleh hampir semua pembuat...

Main Pokemon Go Bisa Turunkan Berat Badan Hingga 63,5 Kg?

Telset.id, Jakarta - Berat badan turun akibat main game, sebagian dari kita mungkin merasa ini sebagai sesuatu yang tidak...

Sah! Poco Resmi Pisah dari Xiaomi, Siapkan Poco F2

Telset.id, Jakarta - Setelah di tahun 2018 sempat disebut sebagai sub-brand Xiaomi, kini Poco akhirnya benar-benar resmi berpisah. Kabar...
- Advertisement -