telset

TELSET REWIND 2021: Shape The Future

TELSET TV – Telset Rewind 2021 berisikan kilas balik topik terpopuler dan paling menarik perhatian di industri TIK sepanjang tahun 2021 di Indonesia.

Sepanjang tahun 2021, banyak berita dan isu yang mencakup kebijakan, masalah keamanan data dan privasi, kebocoran data pribadi, krisis prosesor, peluncuran produk baru, teknologi dan inovasi teranyar, hingga kian populernya HP 5G di Tanah Air.

Awal tahun, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan kebijakan privasi WhatsApp yang seolah memaksa penggunanya untuk menyetujui “sharing data” antara WhatsApp Business dan Facebook.

Di tahun ini pula, masyarakat dikagetkan oleh serangkaian kebocoran data yang menimpa, mulai dari Facebook, BPJS, eHAC Peduli Lindungi, dan lain sebagainya. Berbagai kasus ini memberikan tekanan kepada pemerintah untuk segera mengesahkan RUU Perlindungan Data Pribadi yang terus molor.

Krisis prosesor menjadi salah satu isu penting di tahun ini. Banyak perusahaan teknologi terdampak oleh krisis prosesor yang terus langka. Tak cuma smartphone, industri laptop dan PC sampai konsol game pun terhantam kelangkaan chipset ini.

Meski tahun 2021 banyak isu mengejutkan (secara negatif), berita-berita positif juga turut meramaikan tahun ini. Lelang frekuensi 5G dan langkah pemerintah untuk memaksimalkan jaringan generaasi kelima adalah langkah awal di mana teknologi ini resmi masuk ke Indonesia.

Operator seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, hingga XL Axiata resmi menggelar layanan 5G di Tanah Air. Beberapa titik di kota besar sudah bisa merasakan kencangnya koneksi internet generasi kelima ini. Di tahun depan, diharapkan cakupan 4G dan 5G semakin luas di Indonesia.

Seiring dengan beredarnya jaringan 5G, HP 5G pun kian murah di Indonesia. Masyarakat sudah bisa membelinya dengan harga mulai Rp 2 jutaan saja.

Isu positif lainnya adalah bergabungnya Tokopedia dan Gojek menjadi perusahaan teknologi besar di Indonesia. Merger kedua perusahaan ini mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi, serta keuangan menjadi satu.

Covid-19 masih melanda Indonesia di tahun ini. Pemerintah pun mengaplikasikan kebijakan baru yang menjadi “gaya hidup baru” bagi masyarakat Indonesia. Kini orang-orang diwajibkan cek in melalui Peduli Lindungi sebagai langkah pelacakan penyebaran Covid-19 sekaligus memutus rantai penularannya.

Sebentar lagi kita akan menutup tahun 2021 dan membuka lembaran baru untuk tahun 2022. Yakinkan pada diri bahwa segala hal baik akan terjadi ke depannya.

Harapan dan doa terbaik dari kami bagi kita semua serta Indonesia. Selamat tahun baru 2022, selalu sehat dan semangat sob!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0