Uji Baterai Oppo Reno4: Ngecas Cepat, Daya Tahan Mantap

Uji Baterai Oppo Reno4

Telset.id – Sebelumnya, kami telah melakukan uji performa dan gaming test pada Oppo Reno4. Dalam dua pengujian tersebut, ponsel ini memperoleh hasil yang bagus. Kali ini, kami akan melakukan pengujian lainnya, yaitu uji baterai dari Oppo Reno4. Seperti apa?

Seperti yang sudah kita ketahui, Oppo Reno4 ditopang oleh baterai dengan kapasitas yang lumayan besar. Smartphone ini dibekali baterai berkapasitas 4.015 mAh yang didukung VOOC 4.0 30W.

VOOC 4.0 mendukung pengisian daya hingga 5V / 6A 30W, yang diklaim mampu mengisi daya baterai 4.015 mAh hingga 50% dalam 20 menit dan 100% dalam 57 menit. Tapi, benarkah demikian?

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Oleh sebab itu, kami akan melakukan uji baterai Oppo Reno4 untuk memperlihatkan kepada Anda seberapa kencang ngecas ponsel ini menggunakan VOOC 4.0 30W. Bukan cuma itu, kami juga akan menunjukkan daya tahan baterai Oppo Reno4. So, simak terus!

Uji Kecepatan Charging Baterai Oppo Reno4

Uji Baterai Oppo Reno4

Dalam menghitung kecepatan charging dari Oppo Reno4, kami menggunakan bantuan aplikasi Battery Log. Aplikasi ini membantu kami untuk mencatat aktivitas baterai secara presisi. Terdapat informasi seperti waktu, persentase baterai, suhu, hingga tegangan dari baterai.

Di pengujian ini, kami sengaja menghabiskan baterai sampai 15% terlebih dahulu sebelum memulai proses charging. Selama mengisi baterai, kami juga sama sekali tidak menggunakannya, dan ponsel berada dalam posisi menyala.

Hasilnya, baterai Oppo Reno4 bisa terisi penuh dari 15% hanya dalam waktu kurang dari sejam, tepatnya sekitar 54 menit. Apabila dijabarkan, pada 10 menit pertama, baterai sudah terisi 25%. Sedangkan dalam waktu 20 menit, sekitar 43%.

{Baca juga: Uji Performa Oppo Reno4: Kinerja Mantap dengan Snapdragon 720G}

Sementara untuk mencapai 80%, dibutuhkan waktu sekitar 32 menit. Pengujian yang kami lakukan membuktikan bahwa klaim Oppo tentang VOOC 4.0 bertenaga 30W memang benar adanya.

Uji Daya Tahan Baterai Oppo Reno4

Cepatnya ngecas Oppo Reno4 berbanding 180 derajat dengan daya tahannya. Hal tersebut kami ketahui setelah melakukan dua pengujian berbeda, yakni menggunakan fitur Work 2.0 Battery Life di aplikasi PCMark dan memutar video YouTube di kualitas Full HD (1080p) tanpa henti hingga baterai tersisa 10%.

Berdasarkan aplikasi PCMark, Oppo Reno4 bisa bertahan hingga 12 jam 27 menit dengan baterai tersisa 15%. Sementara ketika digunakan untuk memutar YouTube tanpa henti, Oppo Reno4 bertahan hampir 15 jam atau tepatnya 14 jam 41 menit dengan baterai tersisa 10%.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana bisa baterai Oppo Reno4 memiliki daya tahan yang baik? Jawabannya, adalah SoC Snapdragon 720G yang digunakannya. Prosesor yang dirancang menggunakan proses fabrikasi 8nm ini punya kinerja andal dengan efisiensi baterai yang bagus.

Menurut Qualcomm, SoC tersebut telah didukung oleh chip AIE atau artificial intelligence engine dari Qualcomm yang bertugas untuk meningkatkan performa saat dibutuhkan, dan tetap menjaga power serendah mungkin untuk menghemat baterai.

{Baca juga: Gaming Test Oppo Reno4: 60 FPS di Grafis “Rata Kanan”}

Selain Snapdragon 720G, sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10 pada Reno4 telah disematkan fitur yang bertugas untuk menjaga performa dan menghemat baterai semaksimal mungkin. Salah satunya adalah Super Power Saving Mode, yang memanfaatkan pendekatan seluruh sistem dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi.

Spesifikasi Oppo Reno4

Uji Baterai Oppo Reno4

Oppo Reno4 dibekali layar berukuran besar, tepatnya 6,4 inci berjenis AMOLED dengan resolusi Full HD+. Layarnya punya rasio cinematic 20 : 9, dilapisi Gorilla Glass 5, dan telah mendukung sensor sidik jari dengan respon yang cepat. 

Ponsel satu ini ditenagai oleh prosesor octa-core 2.3GHz Snapdragon 720G (8nm) yang dipadukan dengan GPU Adreno 618. Smartphone tersebut mengusung RAM 8GB LPDDR4X, storage 128GB yang bisa diperluas menggunakan microSD hingga 256GB, serta baterai 4.015 mAh yang didukung VOOC 4.0 30W. 

{Baca juga: Oppo Reno4: Ponsel Menawan dengan Spesifikasi Andal}

Oppo Reno4 dibekali empat kamera belakang dan satu kamera depan, yang dilengkapi juga dengan adanya AON Smart Sensor. Konfigurasinya, lensa utama dengan sensor 48MP, kamera ultrawide 8MP, lensa makro 2MP, dan lensa mono 2MP. Sedangkan kamera depan, beresolusi 32MP. 

Harga

Oppo Reno4 di Indonesia akan dibanderol dengan harga Rp 4,9 jutaan. Konsumen Tanah Air dapat memesan Oppo Reno4 lewat pre-order yang digelar pada 6 sampai 14 Agustus 2020.

Di program tersebut, konsumen berhak mendapatkan bonus berupa smart bracelet, Bluetooth headset, dan smartphone standing holder senilai Rp 1 juta. Sedangkan untuk penjualan perdana, digelar pada 15 Agustus mendatang. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here