Review Xiaomi Redmi 4X: Performa Jago, Kamera Biasa

Review Xiaomi Redmi 4X
Foto: Faisal/Telset.id

Telset.id – Awal April lalu, Xiaomi meresmikan seri smartphone mid-end mereka yakni Xiaomi Redmi 4X yang dilepas dengan harga hanya Rp 2.099.000 saja. Jika Anda melihat dari sisi harganya yang cukup terjangkau, kemudian Anda mengira jika Redmi 4X mengusung spesifikasi yang biasa saja, tebakan Anda kali ini salah.

Dari sisi tampilan sekilas oke. Lantas bagaimana dengan performanya? Kami tidak akan menjawabnya secara langsung, tapi kami akan memberikan ulasan lengkapnya lewat review Xiaomi Redmi 4X berikut ini. So, ikuti ulasannya dari Tim Telset.id:

Desain

Foto: Faisal/Telset.id

Perlu diakui, desain Redmi 4X mirip seperti Xiaomi Redmi 3S, mulai dari ukuran layar hingga letak ornamen-ornamen yang disematkan di berbagai sisi smartphone. Xiaomi Redmi 4X sendiri memiliki ukuran dimensi yang cukup kecil yakni 139.2 x 70 x 8.7 mm dengan berat hanya 150 gram saja. Dengan desain unibody berbahan dasar metal plus campuran plastik, Xiaomi Redmi 4X enak digenggam menggunakan satu tangan entah saat mengetik pesan, berselancar di media sosial, dan lainnya.

Body dari Redmi 4X sendiri membungkus layar berukuran 5 inch yang memiliki resolusi HD. Memang terasa kecil bagi pengguna yang biasa menggunakan smartphone berukuran layar 5.5 inch ke atas, namun jika mengejar kenyamanan saat menggenggam, Redmi 4X boleh dibilang lebih unggul.

Di bagian depannya, Redmi 4X memiliki desain khas smartphone mid-end ala Xiaomi yakni adanya tiga tombol kapasitif Recent Apps, Home, dan Back. Uniknya, bila biasanya LED notifikasi di bagian atas, pada Redmi 4X LED notifikasi berada tepat di bawah tombol Home. Sedangkan di bagian atas layar, terdapat speaker yang diapit oleh sensor proximity serta kamera berukuran 5MP.

Pindah ke bagian belakangnya, terdapat kamera utama yang bersanding dengan LED Flash, tepat di sebelah kiri atas garis antena yang memiliki warna silver metal. Yang dirasa mantap menurut kami adalah adanya sensor sidik jari pada smartphone seharga hampir Rp 2,1 juta ini sebagai alternatif untuk sistem keamanan. Sensor sidik jari sendiri terletak di tengah, tepatnya berada di bawah garis antena.

Di bagian bawahnya, terdapat speaker yang mengapit port micro-USB. Namun Anda jangan mengira kedua sisi speaker ini menghasilkan suara stereo karena nyatanya yang bekerja hanyalah speaker sebelah kanan saja. Kami pun berasumsi jika lubang speaker sebelah kiri merupakan microphone. Di bagian atasnya, terdapat Jack audio 3.5mm serta sensor infrared yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah Redmi 4X menjadi remote berbagai alat-alat elektronik seperti TV, AC hingga speaker.

Sementara itu di sisi kiri, hanya akan ditemukan slot kartu SIM hybrid yang digabung dengan slot microSD. Anda harus memilih salah satu dua pilihan dari slot hybrid ini yakni menggunakan dual SIM namun tidak menggunakan microSD, atau menggunakan satu SIM dengan microSD. Sedangkan di sisi kanan, terdapat tombol Volume yang ditemani oleh tombol Power.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here