Review Samsung Galaxy A12: Desain Lebih Segar, Performa Standar

Review Samsung Galaxy A12
Samsung Galaxy A12 (Foto: Helmi/Telset.id)

Telset.id – Di penghujung tahun 2020 lalu, Samsung secara resmi memboyong Galaxy A12 ke Indonesia. Dalam artikel ini, kami akan menyajikan pengalaman kami selama menggunakan HP Samsung tersebut dalam bentuk review Samsung Galaxy A12.

Meski diluncurkan di akhir tahun 2020, namun bisa dibilang HP baru Samsung ini juga menjadi seri pembuka Galaxy A series untuk tahun 2021. Seakan Samsung ingin start lebih awal dibanding para kompetitornya.

Di atas kertas, smartphone anyar Samsung ini menawarkan beberapa fitur yang lumayan, seperti quad-camera, baterai dengan kapasitas besar, serta warna dan desain yang menurut kami lumayan stylish.

Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai pengalaman kami menggunakan smartphone ini, yuk langsung saja simak review Samsung Galaxy A12 berikut ini. Enjoy!

Desain

Review Samsung Galaxy A12
Tampak belakang Samsung Galaxy A12 (Foto: Helmi/Telset.id)

Review Samsung Galaxy A12 kita awali dari bagian desain. Jika sebelumnya disuguhi desain yang lumayan membosankan, Samsung seakan berbenah dan membuat tampang Galaxy A12 terlihat jadi lebih segar.

Pada bagian back cover, Samsung cukup pede menggunakan dua pola finishing yang berbeda, dengan tekstur berpola garis di bagian atas. Menurut kami ini membuatnya jadi terlihat menarik.

Ditambah lagi balutan warna biru yang membuat tongkrongannya makin terlihat stylish. Tersedia juga opsi warna lain, yakni putih dan hitam.

Samsung Galaxy A12
Tampak belakang Samsung Galaxy A12 (Foto: Helmi/Telset.id)

Materialnya sendiri terbuat dari polikarbonat, yang menurut kami memiliki banyak kelebihan. Seperti membuatnya tidak licin saat digenggam dan tidak meninggalkan jejak-jejak sidik jari yang bikin smartphone terlihat dekil.

{Baca Juga: Samsung Galaxy A12 Tiba di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan}

Fitur fingerprint scanner masih bisa Anda temukan di sisi samping, merangkap sebagai tombol power. Sedangkan slot SIM Tray berada di sisi kiri, dan grill speaker, port USB Type C, serta jack audio 3,5mm berbaris di sisi bawah.

Sayangnya dalam paket penjualan, Samsung tidak menyertakan aksesoris tambahan berupa case atau earphone.

Layar

Samsung Galaxy A12
Layar Samsung Galaxy A12 (Foto: Helmi/Telset.id)

Dari bagian layar sebenarnya tidak ada yang begitu spesial. Galaxy A12 hanya dibekali dengan layar berdesain Infinity V. Ukurannya 6,5 inci dengan resolusi yang “hanya” HD+.

Sedikit disayangkan karena kompetitor sudah menawarkan layar beresolusi Full HD+ di rentang harga yang sama. Meski demikian, proyeksi warnyanya masih cukup nyaman di mata.

Perlu dicatat juga bahwa layar milik Galaxy A12 ini belum dilengkapi dengan teknologi Corning Gorilla Glass. Sehingga Anda harus hati-hati saat menggunakannya sehari-hari.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Terbaru}

Kami rekomendasikan untuk membeli lapisan anti gores tambahan atau tempered glass juga cukup lumayan sebagai perlindungan.

Nilai lebih pada bagian layar ini bertambah berkat adanya sertifikasi Widevine L1. Ini memungkinkan pengguna Galaxy A12 untuk menikmati film atau serial Netflix dengan kualitas HD.

Kenikmatan streaming juga makin bertambah berkat adanya sentuhan teknologi Dolby Atmos di bagian audio, yang dijamin bakal membuat suara terdengar empuk di telinga.

Spesifikasi dan Performa

review samsung galaxy a12
Gaming di Samsung Galaxy A12

Kali ini Samsung mempercayakan dapur pacu Galaxy A12 pada MediaTek, tepatnya pada prosesor Helio P35. Chipset ini memiliki fabrikasi 12nm dan menawarkan kecepatan hingga 2,3 GHz.

Kinerja prosesornya dikombinasikan dengan opsi RAM 4 GB/6 GB berjenis LPDDR4X. Menariknya lagi, memori penyimpanan internalnya cukup luas, yakni 128 GB. Jika masih dirasa kurang juga, Samsung menyediakan slot eksternal yang mampu menampung microSD hingga kapasitas 1 TB.

Penasaran seperti apa performanya, berikut gambaran dari kinerja Samsung Galaxy A12 saat diuji dengan sejumlah aplikasi benchmark.

AnTuTu Benchmark

benchmark galaxy a12
Hasil AnTuTu Benchmark Samsung Galaxy A12

Untuk Anda yang belum tahu, AnTuTu Benchmark ini digunakan untuk mengukur performa smartphone secara keseluruhan, seperti CPU, GPU, memori, hingga user experience. Pada pengujian ini, Galaxy A12 berhasil meraih skor sebesar 115.677.

3D Mark

Hasil Benchmark 3D Mark Samsung Galaxy A12

Pada aplikasi yang digunakan untuk menguji grafis sebuah smartphone, kami menggunakan dua mode, Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

Hasilnya, Galaxy A12 yang kami uji memperoleh skor sebesar 723 untuk mode Sling Shot dan 344 untuk mode Sling Shot Extreme.

PC Mark

PC Mark Samsung Galaxy A12
Hasil benchmark PC Mark Samsung Galaxy A12

Kalau aplikasi PC Mark dimanfaatkan untuk melihat kemampuan smartphone untuk menjalankan tugas ringan sehari-hari, mulai dari browsing, sosial media ataupun chatting.

Pada pengujian menggunakan PC Mark, smartphone Samsung ini berhasil meraih skor sebesar 4.954.

Terus gimana nih kalo buat main game? Kami sudah mencoba memainkan dua game berbeda genre, Call of Duty (COD) Mobile dan League of Legends Wild Rift.

Pertama kami memainkan COD Mobile. Di game bergenre first person shooter ini Galaxy A12 dapat dimainkan di pengaturan grafik low. Meski mayoritas gameplay berjalan lancar, namun kami menemukan beberapa kali frame drop saat bermain.

Pengaturan Grafik COD Mobile di Galaxy A12

Sedangkan saat beralih ke game LOL Wild Rift, game bergenre MOBA tersebut hanya bisa mentok di kualitas grafik Balanced.

Samsung juga menambahkan fitur bernama Game Launcher. Fitur pendukung gaming ini kami rasa cukup lengkap.

Misalnya, saat sedang bermain game, aplikasi ini juga berguna untuk memblokir notifikasi, monitoring baterai dan temperatur, mengunci tombol sentuh, mengambil screenshot, hingga mengambil rekaman layar. Banyak banget kan?!

So, far untuk kegiatan gaming casual kami cukup puas. Hanya mungkin dari segi grafik dan performanya yang masih terbatas.

Tes Baterai

Galaxy A12 menggendong baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Tergolong besar tetapi juga sudah menjadi standar smartphone di rentang harga ini.

Didukung juga dengan teknologi pengisian daya cepat 15W, yang saat kami uji bisa mengisi daya smartphone dari 3% hingga 100% dalam waktu sekitar 2 jam 37 menit.

Daya tahan baterainya juga kami uji dengan memanfaatkan tes battery life yang ada di aplikasi PC Mark. Hasilnya Galaxy A12 dapat digunakan non stop dengan screen on time selama 15 jam 36 menit.

Indikator baterai juga masih menunjukkan daya sisa sebanyak 17 persen. Tentunya ini menjadi bukti bahwa smartphone ini siap menemani aktivitas harian Anda, hanya dengan sekali proses pengisian daya.

Kamera

HP Samsung
Kamera Samsung Galaxy A12 (Foto: Helmi/Telset.id)

Empat kamera belakang milik Galaxy A12 disatukan dalam sebuah frame berbentuk persegi. Di atas kertas, spek kamera yang ditawarkan terlihat cukup lumayan.

Mulai dari kamera utama 48 MP dengan sensor ISOCELL GM2. Seperti biasa, sensor ini bekerja dengan teknologi pixel binning yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berkualitas tinggi.

Selain itu ada kamera ultra wide 5 MP, kamera makro 2 MP, dan ada kamera live focus 2 MP. Sedangkan untuk selfie, Samsung menyediakan kamera depan 8 MP.

Hasil kamera utamanya menurut kami cukup lumayan. Warna dari objek dapat ditangkap dengan baik dan terlihat alami. Untuk mendapatkan detail yang lebih baik, tinggal aktifkan mode HDR.

Ditambah lagi ada fitur Live Focus khas smartphone Samsung. Di mode ini Anda bisa berkreasi menghadirkan gambar bokeh.

Buat Anda yang belum tahum fitur ini bisa mengambil gambar subjek dan latar belakang secara terpisah. Subjek dapat terlihat fokus dan jelas, sementara latar belakang dapat dibuat blur. Hasil jepretan Live Focusnya lumayan oke.

Buat Anda yang suka foto makro, Galaxy A12 sudah bisa mengakomodir kebutuhan ini. Hanya saja jika dilihat dengan seksama, kualitas gambarnya agak menurun jika dibandingkan dengan kamera utama.

Sedikit kekurangan lainnya, Anda tidak akan menemukan night mode yang berguna untuk mengambil foto malam hari agar terlihat lebih mantap.

20210113_165503
Hasil mode normal
20210113_122647
Hasil kamera mode normal
20210113_123047
Hasil kamera mode normal outdoor

20210113_123057
Hasil kamera wide angle

20210113_123246
Hasil kamera makro

20210113_165807
Hasil kamera live focus

Kesimpulan

HP Samsung Galaxy A12
Samsung Galaxy A12 (Foto: Helmi/Telset.id)

Bagi Anda yang ingin mencoba “rasa baru” dari Samsung A series di tahun 2021, Galaxy A12 ini layak untuk dicoba. Desainnya cukup segar, daya tahan baterai bisa diandalkan seharian dan kemampuan quad camera yang masuk kategori lumayan untuk dipajang di sosial media.

Kekurangannya mungkin dari segi performa yang kurang bisa diandalkan untuk tugas berat, seperti gaming misalnya. Walaupun gaming bisa berjalan lancar, hanya saja terbatas pada gaming casual.

Juga pada kamera, yang sangat disayangkan tidak adanya night mode. Meskipun tidak semua pengguna memanfaatkannya, namun tidak ada salahnya jika memiliki fitur yang lengkap, bukan?!

Overall, untuk penggunaan Galaxy A12 sebagai daily driver, kami cukup nyaman dan puas dengan kinerjanya.

Kelebihan

+ Desain baru dan menarik

+ Baterai besar 5.000 mAh

+ Kualitas kamera lumayan

Kekurangan

– Layar masih HD+

– Tidak ada night mode

– Kurang maksimal untuk gaming

TELSET RATING: 7/10 

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A12
Jaringan 2G, 3G, 4G
OS Android 10
Chipset MediaTek Helio P35
GPU Mali
RAM 4 GB/6 GB
Memori 128 GB
Dimensi 165.3 x 76.8 x 9 mm
Layar IPS LCD 6,5 inci resolusi HD+
Kamera Belakang 48 MP + 5 MP + 2 MP + 2 MP
Kamera Depan 8 MP
Baterai 5.000 mAh
Harga Rp 2,3 – Rp 2,6 jutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here