Review Poco F2 Pro: Performa Gahar, Fitur Lebih Komplit

Spesifikasi

Review Poco F2 Pro

Poco F2 Pro ditenagai oleh prosesor Snapdragon 865 dari Qualcomm. Dipadukan dengan RAM 6GB atau 8GB dan pilihan storage 128GB atau 256GB tanpa dukungan microSD. 

Sementara di bagian baterainya, Poco F2 Pro mengusung baterai berkapasitas 4,700 mAh dengan fast charging 30W maksimal. Jangan lupakan satu hal yang penting untuk saat ini, yakni NFC!

Mengapa NFC penting? Di zaman sekarang, makin banyaknya pengguna commuterline, MRT sampai busway, tentu kehadiran e-money sangat dibutuhkan. 

Biasanya, ketika saldo habis, pilihan untuk mengisinya adalah di minimarket, ATM yang mendukung NFC, atau ke merchant yang mendukung pengisian saldo.

{Baca juga: Poco F2 Pro Unboxing: Hp dengan Snapdragon 865 Termurah!!}

Tapi, dengan adanya smartphone NFC, pengguna bisa dengan bebas mengisi saldo di e-commerce yang mendukung. Gak repot lagi kan?

Jujur saja, selama kami review Poco F2 Pro, sektor performa memang bagian yang sangat ingin kami coba dan lakukan pengujian. Kapan lagi, sebuah smartphone dengan harga di bawah Rp 10 juta punya spesifikasi bak ponsel flagship dengan harga selangit?

Oleh karenanya, kami pun menggunakan tiga aplikasi benchmarking, yakni AnTuTu Benchmark, 3DMark, dan PCMark. Kami juga menggunakan Battery Log untuk membantu dalam pencatatan penggunaan baterai. Berikut penjelasannya.

AnTuTu Benchmark

Pakai Snapdragon 865, pastinya skor AnTuTu dari Poco F2 Pro gak main-main, sob. Terbukti, berdasarkan pengujian yang kami lakukan, smartphone ini memperoleh skor 577 ribuan poin! 

Dengan skor tersebut, Poco F2 Pro menduduki posisi 10 besar atau tepatnya urutan ke-6 sebagai ponsel Android paling kencang versi AnTuTu. Skornya bahkan mengungguli Samsung Galaxy S20 Ultra dengan prosesor Exynos 990 5G yang harganya lebih dari 2 kali lipat. 

3DMark

Kekaguman kami tidak berhenti di AnTuTu Benchmark saja. Saat menguji performa grafis atau GPU dari Poco F2 Pro, smartphone ini lagi-lagi mencetak skor yang “gak nyantai” sama sekali.

Smartphone tersebut memperoleh skor sekitar 8.624 poin untuk Sling Shot, 7.066 poin untuk Sling Shot Extreme OpenGL ES 3.1, dan 6.446 poin untuk Sling Shot Exteme Vulkan.

Berdasarkan menu komparasi yang ada di 3DMark, performa grafis Poco F2 Pro mengungguli 99% smartphone yang pernah diuji menggunakan smartphone ini. Bahkan, smartphone flagship seperti iPhone 11, Samsung Galaxy S10, sampai OnePlus 7.

PCMark

Poco F2 Pro pun handal untuk urusan multitasking maupun pekerjaan normal, seperti chatting, browsing, live streaming, dan lainnya. Terbukti, smartphone tersebut memperoleh skor 10.068 poin.

Menurut kesimpulan dari PCMark, Poco F2 Pro merupakan salah satu ponsel powerful yang ada saat ini. Well done!

Baterai

Berbicara soal baterai, Poco F2 Pro ditenagai oleh baterai berkapasitas 4,700 mAh dengan dukungan fast charging 30W, meski pada kenyataannya, terdapat charger 33W dalam paket pembelian. 

Soal daya tahan, kami menguji baterai ponsel ini dengan dua metode, yakni menggunakan PCMark 2.0 Battery Life dan menggunakannya seperti biasa dengan mencatatnya menggunakan aplikasi Battery Log.

Nah, berdasarkan PCMark, smartphone ini memperoleh catatan waktu 18 jam 34 menit. Menurut PCMark, Poco F2 Pro pun menjadi perangkat dengan kemampuan mumpuni yang mengungguli ponsel di kelasnya.

Klaim PCMark kami akui, karena memang baterai smartphone ini punya daya tahan yang bagus. Butuh waktu hingga kurang lebih 20 jam untuk menghabiskan baterainya dari 100% hingga tersisa 3%. 

Sedangkan untuk kecepatan charging, output 30W pada smartphone ini terbilang cukup ngebut. Dari 3% hingga penuh, dibutuhkan waktu kurang dari 2 jam.

HALAMAN BERIKUTNYA ⇒

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0