Review Oppo F5: Smartphone Selfie Paket Lengkap

Telset.id – Geliat persaingan smartphone yang mengandalkan kemampuan kamera depan atau kamaera selfie semakin seru. Beberapa brand telah meluncurkan jagoannya barunya di tahun ini, sebut saja seperti Asus dengan seri ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro, Vivo dengan V7+ dan V7, hingga “pendatang baru” di kompetisi smartphone selfie, yakni Huawei Nova 2i.

Selain beberapa seri yang telah kami sebutkan tadi, ada satu lagi smartphone baru yang akan memanaskan persaingan di segmen smartphone selfie, yakni Oppo F5. Sama seperti para pesaingnya, Oppo F5 pun mengadopsi desain yang kini tengah ngehits, yakni desain bezel-less atau full-screen.

Tapi dengan selalu mengusung jargon “selfie expert”, Oppo tentu saja akan menitikberatkan kemampuan kamera depan sebagai senjata utama dari Oppo F5. Pabrikan asal China ini cukup banyak menambahkan kemampuan baru pada perangkatnya ini dengan teknologi kamera yang biasa dipakai smartphone kelas premium.

Nah, untuk mengetahui apa saja yang Oppo tanamkan dalam smartphone anyarnya ini, silahkan simak ulasan lengkap kami soal Oppo F5 lewat review Oppo F5 berikut ini:

Desain

Oppo F5
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Desain bezel-lessborderlessfull-screen, atau apapun namanya, pada intinya memberikan ruang yang besar bagi layar dan hanya menyisakan bezel tipis di ruang depan. Berbagai merk saat ini tak cuma mengagungkan spesifikasi jempolan, layar berteknologi tinggi, dan lainnya, tapi juga mengunggulkan sisi desain yang mereka katakan sebagai “desain terkini”.

Hal tersebut pun diadopsi oleh Oppo pada seri barunya, Oppo F5. Berkat penggunaan teknologi bernama “Near Display”, alhasil tampilan depan Oppo F5 sebagian besar dikuasai oleh layar dan hanya menyisakan sedikit ruang bagi bezel di setiap sisinya. Jika melihat wujudnya, ada tiga kata yang bisa kami sebut mewakili desain dari Oppo F5, yakni sederhana, premium dan juga kokoh.

Sederhana di sini kami khususkan untuk tampang depan Oppo F5. Unit yang kami review merupakan varian berwarna Gold. Sehingga bagian depannya pun memiliki kelir putih bersih yang terkesan elegan. Bentang layar yang besar dengan hanya menyisakan beberapa komponen saja seperti kamera depan, earpiece, sensor proximity dan juga LED notifikasi di bagian atasnya, mewakili kata sederhana yang kami berikan tadi.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Kemudian kata Premium, kami berikan untuk bagian belakang smartphone ini. Oppo F5 dibungkus dengan body berbahan dasar polycarbonate. Tapi Oppo membuatnya sedemikian rupa sehingga rupa Oppo F5 tampak seperti dikemas dengan body berbahan dasar metal. Kesan metal ini sendiri terlihat begitu muncul pada bagian belakang Oppo F5 berwarna Gold tersebut, sehingga membuat bagian ini terlihat cukup premium dan menyatu dengan body secara keseluruhan.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Di bagian belakangnya juga terdapat beberapa komponen. Sebut saja seperti kamera belakang, LED Flash, sensor sidik jari yang memiliki bentuk membulat, serta logo Oppo yang melengkapi desain premium bagian belakang Oppo F5.

Terakhir adalah Kokoh, seperti yang kami sebutkan tadi jika Oppo F5 dibalut dengan bahan dari polycarbonate atau plastik, namun hal tersebut tidak membuat Oppo F5 seperti sebuah smartphone murahan, malah kami pastikan Oppo F5 terasa kokoh dan nyaman saat digenggam menggunakan satu tangan. Akhirnya dua jempol dari kami untuk build quality pada Oppo F5 pun berhak didapatkan Oppo.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Sekarang kita bahas hal lainnya seperti ornamen di setiap sisinya. Di sisi kiri hanya terdapat tombol Volume saja. Sedangkan untuk sisi kanan, terdapat slot dual SIM serta microSD dan juga tombol Power tepat di bawahnya. Sementara untuk bagian bawahnya, hanya terdapat lubang speaker di sebelah kiri dan jack audio 3,5mm di sebelah kanan yang mengapit port micro USB.

Secara overall, pada akhirnya kata “berkualitas” pun berhak didapatkan Oppo F5 untuk mewakili tiga kata yang tadi kami sebutkan soal desain. Good job Oppo!

Layar

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Oppo F5 punya layar berjenis LTPS IPS berukuran 6 inch (aspek rasio 18:9) beresolusi FHD+ atau 1080 x 2160 piksel. Punya bentang layar yang besar, apakah layarnya juga menyuguhkan kualitas sesuai harapan? Well, sejujurnya kualitas layar Oppo F5 masih terbilang biasa-biasa saja, hampir mirip dengan smartphone lainnya yang gunakan panel layar IPS.

Bagi kami, keunggulan yang paling nyata ada pada bentang layarnya yang besar. Dengan ukuran 6 inch, tentu berbagai konten yang disajikan akan memuaskan mata penggunanya. Bukan cuma untuk urusan main game saja, berbagai kegiatan lain seperti menonton film atau YouTube, berselancar di media sosial hingga bekerja pun bisa ditampilkan dengan sangat baik oleh layar Oppo F5.

Selain itu, layar Oppo F5 pun memiliki berbagai fitur seperti Split Screen bahkan hingga mode Eye Protection yang mampu melindungi atau membuat nyaman mata penggunanya saat menggunakan smartphone ini di malam hari atau dalam keadaan gelap. So, untuk layar Oppo F5 kami tidak memiliki keluhan yang berarti.

Kamera Depan

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Sekarang kita masuk ke dalam hal penting yang memang ditonjolkan oleh Oppo F5, yakni kamera. Karena ini smartphone selfie, tentu yang harus dibicarakan terlebih dahulu adalah kamera depannya. Berbicara soal spesifikasi kamera depan yang ditanamkan, Oppo memberikan kamera beresolusi 20MP dengan aperture f/2.0 dan ukuran sensor sebesar 1/2.8 inch. 

Di awal kami sudah memberitahu jika Oppo menanamkan sebuah teknologi baru pada kameranya. Ya, teknologi tersebut adalah AI Beauty Recognition yang disematkan pada kamera depan Oppo F5. Penasaran sebenarnya seperti apa sih teknologi tersebut? Nih kami jelaskan terlebih dahulu.

Bagi Anda yang pernah atau sedang menggunakan smartphone Oppo F1, Oppo F3, atau smartphone selfie lainnya, tentu Anda bisa menemukan fitur bernama Beautify pada kamera depannya, yang mungkinkan wajah penggunanya terlihat jauh lebih mulus, cantik dari biasanya. Namun sayangnya, ada kekurangan dari fitur itu yang akan makin terasa jika kaum pria yang menggunakannya. Mengapa?

Ya, karena Beautify mempercantik semua wajah yang terdeteksi oleh kamera depan tanpa melihat jenis kelamin terlebih dahulu. Imbasnya bagi para kaum pria adalah, wajahnya akan jauh terlihat lebih putih dengan adanya efek berwarna pink merona di pipinya, mulus, dan tampak lebih tirus dari biasanya. Bisa dibilang, tidak tampak adanya “kelaki-lakian” pada hasil foto yang didapat.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Begitupun dengan kaum wanita, fitur Beautify bisa membuat wajah mereka tampak lebih cantik dari biasanya dengan efek yang normal. Tapi juga terkadang fitur ini pun bisa membuat wajah mereka “terlalu cantik” sehingga memberikan kesan sedikit aneh jika harus diunggah ke media sosial atau sekedar menjadi profile picture di aplikasi chatting mereka.

Oppo mungkin mendengarkan keluhan dari para fansnya, dan menjawabnya dengan menghadirkan teknologi AI Beauty Recognition. Awalnya kami pun sempat dibuat bingung, apa bedanya dengan fitur Beautify sebelumnya? Namun kebingungan kami pun terjawab ketika kami langsung menjajalnya.

Fitur ini ternyata mampu membedakan jenis dan warna kulit, jenis kelamin serta usia dari subjek foto. Tapi yang cukup hebat menurut kami, fitur berbasis kecerdasan buatan ini bisa mengenali berbagai hal tersebut pada lebih dari satu orang yang berada di satu frame foto. Berikut kami tampilkan hasil foto yang diambil menggunakan kamera depan yang dibantu fitur AI Beauty Recognition:

Terlihat pada foto di atas, fitur Beautify memberikan efek yang berbeda pada kedua foto. Rupa pria dan juga wanita mendapatkan pendekatan yang berbeda. Terlihat pada wajah wanita yang tampak lebih halus ketimbang wajah pria yang masih terdapat beberapa detail seperti kumis tipis, kantung mata, dan lainnya. Sehingga masalah penggunaan Beautify “versi lama” sudah terjawab lewat AI Beauty Recognition.

Lantas bagaimana jika kita enggan menggunakan teknologi ini? Jangan khawatir, karena hasil foto yang didapatkan pun masih berkualitas kok. Meski ada satu catatan bagi pengguna yang memilih tak menggunakan fitur AI Beauty Recognition, yakni rupa pada foto akan persis sama seperti rupa aslinya. Berikut hasil foto ketika kami menggunakan kamera depan tanpa menggunakan fitur AI Beauty Recognition:

Oh ya, kamera depan Oppo F5 pun bisa mengambil gambar dengan efek bokeh ala-ala kamera DSLR lho. Hasilnya? efek blur pada background bisa dibilang cukup rapih meski masih terlihat sedikit objek yang seharusnya di-blur-kan, tetapi tidak ter-blur-kanBerikut hasil foto menggunakan efek bokeh menggunakan teknologi AI Beauty Recognition dan juga tidak menggunakan teknologi tersebut:

Terakhir yang akan kami bahas soal kamera depan adalah kemampuannya ketika mengambil foto di malam hari atau kondisi gelap. Memang belum ada kamera smartphone yang menghasilkan foto sempurna ketika mengambil suatu objek dengan kondisi cahaya yang kurang. Itupun terjadi pada kamera depan Oppo F5.

Seperti foto di bawah ini, terlihat jika hasil foto selfie yang kami lakukan berkurang drastis kualitasnya karena cukup banyaknya noise yang terdapat pada hasil foto. Jika kurang percaya, kami pun menyertakan hasil foto yang diambil menggunakan kamera pendahulu Oppo F5, yakni Oppo F3. Hasilnya jepretan kamera Oppo F5 memang lebih baik, tapi ada kesamaan dari kedua foto itu, banyak noise!.

Tapi untungnya, fitur AI Beauty Recognition masih bisa bekerja dengan cukup baik di kondisi malam hari dan menghasilkan foto dengan wajah yang cukup mulus. Terlepas dari hal tadi, menurut kami hasil foto selfie di malam hari menggunakan Oppo F5 masih cukup baik dan cukup memuaskan.

Ini berbagai foto selfie lainnya menggunakan kamera depan Oppo F5:

Kamera Belakang

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Pindah ke kamera belakang, Oppo F5 dibekali kamera beresolusi 16MP aperture f/1.8 dengan sensor 1/3 inch Sony IMX 376. Melihat dari spesifikasi kamera belakangnya saja sudah membuat kita berpikir jika Oppo F5 bukanlah sebuah smartphone selfie biasa saja yang hanya mengandalkan kamera depan saja, tapi juga mengandalkan kamera belakang untuk memanjakan para penggunanya yang suka fotografi.

Di kamera belakang Oppo F5, ada fitur yang menurut kami memegang salah satu peranan penting untuk menghasilkan foto yang menakjubkan, yakni Auto HDR. Hal itu bisa dibuktikan dengan foto-foto yang kami tampilkan di bawah ini. Pada foto terlihat detil serta komposisi warna yang sangat baik membuat hasil foto pun menjadi berkualitas.

Karena penasaran dengan kemampuan kamera belakang Oppo F5, akhirnya kami pun memilih untuk mengadunya dengan smartphone lain yang memiliki kamera ganda di bagian belakang dengan konfigurasi 12MP aperture f/2.2 lensa wide-angle dan 12MP aperture f/2.6 lensa telephoto 2x optical-zoom yang juga punya kemampuan untuk mengambil foto dengan mode HDR.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Hasilnya seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini, foto yang dihasilkan oleh Oppo F5 terlihat lebih detil dengan komposisi warna yang jauh lebih baik dari kamera smartphone kompetitornya tersebut. Misalnya saja ketika kami mencoba mengambil foto pohon yang bercabang.

Warna dan detil daun serta dahannya yang diambil oleh kamera Oppo F5 lebih terlihat dibanding smartphone lain yang kami ujicobakan. Hal yang sama pun terjadi ketika kami mengambil foto lainnya dengan objek Istana Bogor. Kamera Oppo F5 sukses menghasilkan foto dengan detil dan komposisi warna jempolan.

Ada yang menarik lagi dari kamera belakang Oppo F5, yakni adanya fitur digital-zoom yang diaplikasikan mirip seperti opticalzoom ala smartphone berkamera ganda dengan konfigurasi lensa normal dan lensa telephoto. Fitur ini sendiri memungkinkan penggunanya utnuk memperbesar objek hingga 2 kali, sehingga cocok rasanya menggunakan kamera smartphone ini untuk mengambil foto macro.

Seperti pada foto di bawah ini, hasil foto macro menggunakan kamera Oppo F5 berhasil memuaskan kami. Lagi-lagi kami menekankan jika detil dan komposisi warna yang dihasilkan sangat pantas mendapatkan pujian plus dua jempol dari kami.

Berikutnya adalah pengambilan foto di malam hari atau saat kondisi cahaya tidak memungkinkan. Jika saat menggunakan kamera depan, hasil foto cukup berkurang kualitasnya karena terdapat cukup banyak noise, bagaimana dengan kamera belakang? Well, bisa kami bilang kamera belakang Oppo F5 sudah cukup mumpuni mengambil foto di saat malam hari.

Namun lagi-lagi kualitasnya akan menurun jika dibandingkan mengambil foto saat kondisi cahaya mencukupi. Hal itu karena cukup banyaknya noise yang mengganggu kualitas foto. Apalagi saat mengambil foto dengan kondisi lingkungan yang benar-benar gelap, hasilnya cukup mengecewakan.

Berikut foto yang dihasilkan kamera belakang Oppo F5 saat diambil di malam hari:

Secara overall, kamera belakang Oppo F5 cukup memuaskan bagi pengguna yang senang fotografi, khususnya foto selfie. Auto HDR yang terdapat di dalamnya sangat membantu untuk mendapatkan hasil foto dengan kualitas yang cukup baik, berkat detil dan komposisi warna yang pas.

Berikut hasil foto lainnya yang kami ambil menggunakan kamera belakang Oppo F5:

Kinerja

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Oppo F5 dibekali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Sebut saja prosesor octa-core 2.5GHz MediaTek Helio P23, RAM 4GB, ROM 32GB, baterai berkapasitas 3,200 mAh dan sudah berjalan di ColorOS 3.2 berbasis Android 7.1 Nougat. Bagaimana kemampuannya?

Saat kami menggunakannya untuk bermain game, jujur pengalaman bermain game kami bertambah. Ada beberapa sebabnya, pertama karena layar Oppo F5 yang berukuran besar. Kedua karena mesin utama smartphone ini yang sudah termasuk kelas mid-end ke atas. Dan terakhir adalah adanya fitur Oppo Game Accelaration yang mampu tingkatkan kinerja smartphone agar game berat seperti PES 2018 hingga game Arena of Valor (AoV) pun berjalan dengan sangat baik.

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Bermain game saja sudah bisa dijalankan dengan sangat baik menggunakan Oppo F5, apalagi kegiatan ringan lainnya seperti berselancar di media sosial, bekerja menggunakan Microsoft Word, dan lainnya? Tentu saja smartphone inipun mampu menjalankannya dengan baik.

Jadi ketika Anda misalnya menggunakan Oppo F5, jangan takut nge-lag saat bermain game, membuka Instagram, Facebook dan Twitter secara bergantian, hingga mengetik pekerjaan rumah di Microsoft Word atau Excel.

Kesimpulan

Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Oppo F5 bisa dibilang sebagai smartphone selfie yang punya paket lengkap. Karena smartphone ini tak cuma mengandalkan atau mengunggulkan kamera depannya saja sebagai “sesuatu yang wah” bagi para penggunanya. Berbagai sisi ditawarkan oleh Oppo F5.

Sebut saja seperti desainnya yang kokoh dengan build quality yang sudah cukup bagus, kamera belakang yang mampu menghasilkan foto atau video berkualitas, bahkan hingga mesin utamanya yang mampu mempermudah berbagai proses yang berjalan di atasnya. Sehingga wajar jika Oppo F5 kami anggap memiliki “senjata lengkap” untuk berkompetisi di kelasnya. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0