Review Huawei Nova 7: Spek “Rasa Flagship”, Terbatas dengan HMS

Kamera

Review Huawei Nova 7

Review Huawei Nova 7 beralih ke sektor kamera. Smartphone ini membawa total lima kamera. Empat kamera di belakang, dan satu kamera yang diletakkan pada punch hole di sudut kiri atas layar.

Smartphone ini menggunakan kamera utama 64MP. Sebuah peningkatan signifikan dibanding Nova 5T yang dilengkapi dengan kamera 48MP saja. Huawei bahkan mengatakan bahwa sensor 64MP di Nova 7 merupakan sensor terbesar yang pernah mereka pakai saat ini.

Meski terdapat logo “20x Zoom”, namun Huawei Nova 7 tidak memiliki kamera telephoto dengan skema periskop. Hanya ada lensa tele 8MP dengan kemampuan 3x optical zoom dan 20x digital zoom.

Dikombinasikan juga dengan lensa ultrawide 8MP dan lensa makro 2MP. Sedangkan kamera selfienya masih menggunakan 32MP, sama dengan Huawei Nova 5T.

Kamera Utama

Secara default, kamera Huawei Nova 7 sebenarnya menangkap gambar di resolusi 16MP (4608 x 3456 piksel) Sebab, kamera ini menggunakan skema Quad Bayer atau Tetracell yang mengubah 4 piksel ke 1 piksel. Hitungannya, 64MP dibagi 4, menjadi 16MP. 

Meski demikian, pengguna tetap bisa mengambil gambar di resolusi 64MP lewat opsi More, dan pilih High Res. Bagaimana hasilnya? Sejujurnya kami menyarankan untuk mengambil gambar di resolusi default saja. 

Pasalnya, foto yang dihasilkan sudah dioleh sedemikian rupa oleh teknologi AI. Sementara mode 64MP, hasil foto benar-benar apa adanya. Tapi, untuk detail sama-sama bagus dan bisa dinikmati kok. Berikut beberapa hasil foto yang kami ambil selama review Huawei Nova 7:

Kamera Utama Huawei Nova 7

Kamera Malam

Bukan Huawei namanya kalau tidak menyertakan mode malam atau Night Mode. Lewat fitur ini, pengambilan foto akan membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 detik.

Itu adalah proses pengambilan gambar beberapa kali, dan menggabungkannya menjadi satu foto malam yang berkualitas. 

Sayang, Night Mode tidak dapat bekerja pada lensa ultrawide. Tapi sebagai gantinya, mode ini bisa aktif pada kamera depan. 

Nah, di sini yang menarik. Night Mode di kamera depan punya cara pengambilan gambar yang berbeda. Ketika mode ini aktif, intensitas layar langsung naik dan terdapat warna putih terang di sekeliling interface kamera.

Tidak ada proses pengambilan gambar selama beberapa detik, karena foto langsung diambil secara cepat dan instant. Selain itu, foto pun diberikan sentuhan AI khas Huawei untuk meningkatkan kualitas detail dan warna, serta mengurangi noise pada foto. Berikut hasilnya:

Kamera Malam Huawei Nova 7

Kamera Ultrawide

Huawei Nova 7 membawa lensa ultrawide dengan sensor 8MP, jauh lebih kecil dari Nova 5T yang dilengkapi sensor 16MP. Kamera ini mampu menangkap gambar yang luas dengan kualitas detail dan warna yang biasa saja.

Hasil fotonya tidak dramatis seperti kamera utama. Bahkan di beberapa scene, foto menunjukkan warna yang sedikit pucat, dan kerap kali over brightness

Meski demikian, lensa ini punya keunggulan yang kami suka. Yup! Kamera ultrawide Huawei Nova 7 mampu menangkap foto wide tanpa adanya efek melengkung. Berikut hasilnya:

Kamera Ultrawide Huawei Nova 7

Kamera Telephoto

Lensa tele di Huawei Nova 7 menjadi pembeda dibandingkan seri sebelumnya. Kamera ini mampu mengambil gambar dengan kemampuan 3x optical zoom dan 20x digital zoom.

Akan tetapi, kamera ini tidak didukung OIS atau optical image stabilization, sehingga pengambilan gambar pun terkadang tidak stabil. 

Berbicara soal kualitas yang dihasilkannya, foto yang ditangkap menggunakan perbesaran optik sampai 3 kali di Nova 7 memiliki kualitas ciamik. Kualitas warna dan detail dari foto tergolong bagus.

Kami tidak merekomendasikan untuk menggunakan perbesaran digital sampai 20 kali. Sebab, hasilnya bisa 180 derajat dibandingkan optical zoom.

Kami menyarankan, fitur ini digunakan untuk melihat objek dari jauh saja, bukan untuk memotret. Berikut beberapa hasil fotonya:

Kamera Telephoto Huawei Nova 7

Kamera Makro

Kamera makro menjadi fitur standar pada sebuah smartphone kelas menengah. Menggunakan fitur ini, kami dapat mengabadikan objek lebih jelas dalam jarak yang lebih dekat.

Sistem kamera Huawei Nova 7 sendiri menyarankan untuk memotret objek di jarak optimal 4cm. Hasilnya, cukup bagus. Detail dan warna dari objek bunga maupun mainan yang kami tangkap terlihat dengan baik. Berikut hasilnya:

Kamera Makro Huawei Nova 7

Kamera Depan

Kamera depan 32MP merupakan sesuatu yang wow menurut kami. Apalagi, kamera ini tidak melewati proses Tetracell atau Quad Bayer terlebih dahulu, sehingga hasil foto selfie punya resolusi real 32MP.

Selain itu, kamera ini pun sudah mendukung autofocus. Padahal biasanya, kamera depan pada smartphone menggunakan lensa fixed-focus. Terus, hasilnya bagaimana?

Mengambil foto selfie pakai Huawei Nova 7 merupakan kenikmatan tersendiri bagi kami. Hasilnya bagus dengan kontras dan warna yang pas. Meski menggunakan efek Beauty, tapi hasil foto tidak terlihat lebay atau berlebihan.

Semuanya masih terlihat natural. Pun demikian dengan latar belakang foto yang terlihat sangat baik. Awan, hamparan sawah, dan objek lainnya bisa ditangkap dan dituangkan dengan baik oleh sistem kamera Huawei Nova 7. Berikut hasil fotonya:

Kamera Depan Huawei Nova 7

Video

Huawei Nova 7 hanya mampu merekam video di kualitas maksimal 4K @30fps, Full HD @30fps, dan HD @30fps. Kualitas ini pun berlaku untuk kamera depannya.

Khusus untuk kamera belakang, kestabilan saat mengambil video dibantu oleh adanya teknologi gyro-EIS. Meski tanpa bantuan OIS, kamera Huawei Nova 7 bisa merekam gambar dengan cukup stabil.

Ada fitur yang unik di sini, bernama Dual View. Fitur ini memungkinkan kita untuk merekam gambar di dua angle sekaligus.

Angle yang kami maksud adalah, tampilan normal yang ditangkap kamera utama dan tampilan yang sudah diperbesar, atau tampilan normal dari kamera utama dan tampilan dari kamera selfie. Berikut hasilnya:

Video Huawei Nova 7-1

Video Huawei Nova 7-2

Video Huawei Nova 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0