Home Review Review Asus VivoBook K413: Laptop Handal untuk Work From Home

Review Asus VivoBook K413: Laptop Handal untuk Work From Home

Review Asus Vivobook K413

Telset.idAsus menghadirkan laptop baru bernama Asus VivoBook K413, yang ditujukan untuk mendukung work from home (WFH) dan school from home (SFH). Untuk mengetahui performanya, kami sudah menjajalnya dalam review Asus VivoBook K413.

Pandemi yang terjadi saat ini memaksa banyak orang mesti bekerja atau sekolah dari rumah. Kondisi seperti ini jelas membutuhkan perangkat yang mumpuni untuk menunjang kebutuhan tersebut.

Untuk menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia, Asus merilis VivoBook K413. Berikut ini kami bagikan pengalaman selama menggunakan laptop anyar dari Asus, yang dirangkum dalam artikel review Asus VivoBook K413.

Desain dan Layar

Desain Asus VivoBook K413

Laptop yang kami gunakan ini memiliki warna Hearty Gold, terlihat mewah sekaligus elegan. Ada dua warna lain yang tersedia, yakni Transparent Silver, dan Indie Black.

Laptop ini makin cocok untuk kebutuhan WFH atau SFH karena bentuknya yang lumayan tipis dan punya bobot yang ringan. Ketebalannya 17,9mm dan bobotnya cuma 1,4 kg saja.

Pastinya jadi lebih mudah dibawa berpindah tempat saat WFH atau SFH, mulai dari kamar, ruang kerja, sampe ruang tamu.

{Baca Juga: Review Asus ZenBook 13 UX325: Desain Cantik, Mobilitas Handal}

Seperti laptop Asus lainnya, mereka masih mengandalkan tekonologi Nano-Edge display pada bagian layarnya. Teknologi ini bikin layar di laptop makin terlihat luas karena bezel-nya bisa dibuat setipis mungkin.

Sebagai informasi tambahan biar lebih jelas dan detail, ini bagian layarnya punya rasio layar ke bodi sampe 84 persen.

Layar Asus VivoBook K413

Oh iya, layarnya ini berukuran 14 inci dan resolusinya sudah Full HD. Proyeksi gambar dari layarnya juga cukup makin sedap dipandang berkat dukungan fitur Asus Tru2Life.

Fitur ini bisa meningkatkan kejernihan warna dan kontras layar ketika menonton video. Jadi pas streaming film atau serial di Netflix gambarnya juga jadi lebih jelas dan tajam.

Walaupun memang ditujukan untuk keperluan bekerja dan belajar, tapi Asus juga tidak begitu saja meninggalkan sisi entertainment dari laptop ini.

{Baca Juga: Review ASUS Zenbook 13 UX325: Cocok Buat WFH}

Ngomong-ngomong soal streaming film atau serial di Netflix tadi, Anda bakal makin dimanjakan karena audionya udah disertifikasi sama Harman Kardon.

Saat kita coba untuk nonton bareng drama Korea berjudul Start Up di Netflix, semburan audionya terdengar empuk. Ditambah tampilan gambarnya yang jernih nan tajam.

Nonton Netflix di Asus VivoBook K413

Tapi awas, nanti malah jadi lebih betah nonton Netflix pakai laptop ini dibanding buat keperluan pekerjaan atau tugas sekolah.

Selain itu, keperluan ngetik-ngetik juga makin enjoy di laptop ini. Selain karena empuk, ukuran keyboardnya juga dibuat lebih lebar yakni 19mm.

Ditambah lagi udah ada lampu backlit di bagian keyboard ini. Jadi memudahkan mengetik di ruangan yang gelap. Tapi sebaiknya jangan kerja atau menggunakan laptop di tempat yang gelap ya, karena bisa bikin mata sakit, sob.

Mengetik di Asus VivoBook K413

Bergeser ke bagian touch pad, terselip ada sensor pemindai sidik jari buat buka kunci layar. Jadi gak sembarang orang bisa akses laptop ini.

Selain bisa buka kunci layar pakai pemindai sidik jari ini, kita juga bisa gunakan alias face unlock. Untuk face unlock ini mengandalkan teknologi dari Windows Hello.

port Asus VivoBook K413

Untuk konektivitasnya, disini cukup lengkap. Sudah ada 3 port USB 3.2, port USB Type C 1, HDMI, jack audio, dan slot microSD. Kalau untuk koneksi wirelessnya, laptop ini menggunakan WiFi 6 sama Bluetooth 5.0 terbaru.

Spesifikasi dan Performa

Ngomongin performa laptop ini, Asus VivoBook K413 menggunakan prosesor dari intel. Jadi sebenarnya ada 3 pilihan prosesor, i3 10110U, i5 10210U dan i7 10510U.

Nah yang kita gunakan ini pake Intel Core i5 10210U, GPU nya pake NVIDIA MX350 2 GB dan RAM-nya punya kapasitas 8 GB DDR4.

GPU dari NVIDIA ini katanya punya kinerja 2,5x lebih cepat untuk edit foto, video dan juga main game.

{Baca Juga: Review Asus ProArt StudioBook Pro 15: Laptopnya Content Creator}

Untuk memorinya, laptop ini udah pake SSD berkapasitas 512 GB yang membantu loading juga jadi lebih ngebut.

Saat kami coba untuk membuat artikel, edit foto dan meeting menggunakan Zoom selama WFH, kami cukup puas dengan performanya. Wajar memang, karena secara spesifikasi juga sudah mendukung.

Gimana kalo kita paksa untuk main game, apa kira-kira akan sanggup? Untuk mencobanya, kami memainkan salah satu game yang ada di library kami yaitu Watch Dogs 2.

Bermain Game Watch Dog 2 di Asus VivoBook K413

Hasilnya, terlihat laptop agak kepayahan. Memang sempat berjalan lancar, namun kemudian jalannya game dari Ubisoft tersebut terlihat mengalami frame drop dan lag yang membuat gameplay jadi kurang nyaman.

Gak cuma menyiapkan laptop ini untuk partner WFH dan SFH dari segi hardware, sisi software juga diperhatikan.

Tertanam sebuah aplikasi yang menurut kami sangat fungsional bernama MyAsus. Ini ibaratnya aplikasi all in one yang menampung banyak fitur.

Mulai dari mengatur tingkat kecerahan dan warna layar, atau mengaktifkan filter yang ramah mata, meningkatkan kualitas video yang sedang ditonton pake Asus True2Life, dan sebuah fitur bernama Link to My Asus.

Aplikasi My Asus

Fitur Link to My Asus ini ternyata cukup menarik. Ini memungkinkan smartphone tersambung dan terintegrasi ke laptop Asus ini.

Seperti Anda bisa terima telepon dan SMS langsung dari laptop, membalas pesan WhatsApp, berbagi file antara HP ke laptop atau sebaliknya, mirror layar HP ke laptop, sampai mengubah smartphone jadi layar tambahannya laptop.

Menurut kami ini merupakan fitur yang sangat berguna untuk WFH. Jadi gak perlu repot-repot bolak balik, cek hp dan cek laptop terus menerus.

Fitur Link to My Asus

Makin lengkap lagi, Asus memberikan bonus berupa aplikasi Office Pre Installed tiap pembelian laptop anyar ini.

Jadi gak perlu lagi beli aplikasi kayak Word, Excel atau Power Point. Apalagi sampe nyari yang bajakan. Jangan ya, Sob!

Kesimpulan

Asus Vivobook K413

Buat yang bertanya-tanya berapa harganya, untuk yg varian Intel i3 dijual Rp 8.599.000, Intel i5 dijual Rp 10.799.000 dan Intel i7 dijual Rp 12.799.000.

Berdasarkan pengalaman selama mencoba laptop ini, kami merasa Asus VivoBook K413 ini memang layak menjadi partner baru Anda untuk WFH atau SFH.

Kinerjanya sudah cukup mumpuni untuk mendukung tugas harian atau sekadar meeting di Zoom. Ditambah lagi display dan kualitas audio yang layak untuk diacungi jempol.

Disematkannya aplikasi MyAsus juga jadi sentuhan yang cukup menarik. Apalagi ada fitur Link to My Asus yang membuat Anda bisa menyambungkan laptop ke smartphone untuk bekerja lebih efisien.

So, untuk Anda mencari laptop mumpuni untuk andalan selama WFH, rasanya Asus VivoBook K413 ini bisa Anda lirik berkat berbagai kelebihan yang ditawarkannya. (HR)

Kelebihan

+ Desain elegan

+ Tipis dan Ringan

+ Sudah terinstall aplikasi Office

+ Port lengkap

Kekurangan

– Harga lumayan mahal

TELSET RATING: 8.5/10

SPESIFIKASI ASUS VIVOBOOK K413

Nama Produk Asus VivoBook K413
Layar 14 inci FHD
SoC/Prosesor Intel Core i5-10210U
GPU NVIDIA MX350
RAM 8GB LPDDR4
Internal Storage 512 GB PCIe SSD
Kamera HD Camera
Baterai 42 Wh Li-prismatic battery (3-cells)
Charger
Konektifitas
1 x USB 3.2 Gen1 Type-A

1 x USB 3.2 Gen1 Type-C™

2 x USB 2.0

1 x HDMI

1 x Audio Jack Combo

1 x Micro SD Card reader

Sistem Operasi Windows 10 Home
Varian Warna Hearty Gold, Transparent Silver, Indie Black (metal lid)
Harga Rp 10.799.000

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version