telset
spot_img
spot_img

Lenovo Vibe X2

20120101_071319

“Kemunculan sosok Lenovo Vibe X2 membawa atmosfer yang cukup berbeda, memiliki desain revolusioner dan kekuatan kinerja melalui Prosesor MediaTek Octa-Core”

Akhirnya smartphone stylish Lenovo Vibe X2 resmi diluncurkan di pasar Indonesia dengan harga cukup terjangkau untuk kalangan kelas menengah. Smartphone ini juga sudah bisa dipesan dibeberapa toko online Indonesia dengan kisaran harga Rp 4 juta.

Design

“Unik!” satu kata yang keluar begitu melihatnya. Yp, Vibe X2 ini memiliki bezel dengan tiga lapis warna yang berbeda. Kalau mau dibayangkan seperti kue lapis legit, dengan berbagai lapisan dengan warna berbeda tetapi tampilan dan rasa tetap legit.

Tentu ini berbeda dibandingkan ponsel lain seperti iPhone dengan dua warna silver dan putih, atau ponsel lain yang memiliki warna cerah seperti Lumia atau Samsung.  Ini tiga warna sekaligus ada putih, silver, abu-abu dan dominasi hitam pada layar. Untuk dimensi-nya juga sangat pas ditangan dengan ukuran 68.6mm x 7.27mm x 140.2mm dan ponsel ini sangat ringan karena  bobotnya hanya 120gr.

Vibe X2 hadir dengan desain tipis dengan sudut-sudut dan tepi nyaman ditangan. Desain yang unibody sehingga menempatkan tombol power dan volume berada diposisi kiri dan posisi kanan ada slot SIMcard. Sedangkan bagian belakang terdapat emblem ‘Lenovo’ dan lubang speaker.

Nilai minusnya, Vibe X2 tidak menyertakan slot memori eksternal untuk menambah penyimpanan data. Ada satu lagi yang menurut kami kurang adalah penempatan kamera yang kurang proporsiona. Saat kami coba pakai untuk mengambil gambar dalam kondisi landscape, kamera masih suka menyentuh jari sehingga menghalangi ketika membidik.

“Dengan keunikan ini, tak heran jika Lenovo memproklamirkan Vibe X2 sebagai smartphone pertama dengan desain warna berlapis di industri ponsel saat ini”

Display

Pada sektor depan, smartphone Lenovo Vibe X2 dilengkapi layar berukuran 5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel serta dibalut oleh teknologi IPS (In-Plane Switching) dan mampu menampilkan gambar dengan kerapatan 423 piksel per inci.

Tampilan layar sangat cerah dengan sudut pandang yang sangat baik, resolusi full HD juga memberikan tampilan tajam dan kontras, sangat nikmat untuk dilihat. Kalau kami bandingkan dengan teknologi layar AMOLED, kami nilai sebelas dua belas lah. Menariknya, ketika dilihat dari sudut pandang yang berbeda layar tetap memberikan tampilan yang jelas, meski kondisi diluar ruangan sekalipun.

Nah! Sedikit yang menjadi perhatian tentunya ketika melihat hasil foto, karena tampilan layar luar biasa, pastikan Anda tidak tertipu hasil foto pada layar. Untuk menonton layar juga sangat nyaman, namun yang sedikit mengganggu bezel hitam di pinggir layar.

resize14

Interface

Untuk interface ponsel ini mengandalkan sistem operasi KitKat 4.4.2 yang dikustomisasi dengan Vibe UI versi 2.0. Uniknya, pada pada kondisi layar terkunci akan tampil beberapa aplikasi, ketika Anda menekan lingkaran maka keluar aplikasi yang berbentuk balon-balon. Tidak itu saja, Anda juga diberikan akses cepat ke kamera sehingga Anda bisa gerak cepat jika ada momen yang perlu diabadikan.

Setelah membuka kunci layar, Anda akan disuguhkan beberapa layer yang berisi aplikasi. Sehingga tidak ada lagi akses menuju menu, semuanya ada di tampilan depan.

Sedangkan untuk kolom notifikasi ada beberapa pilihan akses cepat, tetapi menariknya jika Anda geser ke bawah Anda akan menerima pengaturan lebih banyak. Kami akui interface ini mempermudah pengoperasian.

Hardware

Untuk performa, smartphone Lenovo Vibe X2 ditunjang oleh chipset MediaTek MT6595M dengan CPU octa-core yang menggunakan arsitektur ARM Cortex A17 dan A7 berkecepatan 1.69GHz. Kinerja CPU juga dibandtu dengan memori RAM sebesar 2GB dan pengolah grafis PowerVR Rogue Ha.

Sementara dibagian penyimpanan, Lenovo Vibe X2 menyediakan memori internal sebesar 32GB, tapi sayangnya tidak disediakan slot microSD.

Untuk kinerja kami pikir tidak ada masalah, semua berjalan lancar dan sudah semestinya. Hal ini juga dibuktikan dengan beberapa hasil bechmark yang menurut kami mencengangkan. Seperti hasil bechmark Quadran dengan nilai 24247, sedangkan untuk Antutu memiliki score 48439, ini cukup mengejutkan karena hampir setara dengan Galaxy Note 4 dan Xperia Z3. Sudah pasti kinerja CPU bukan satu-satunya patokan, tetapi hasil ini tentu menunjukan fakta bahwa seri MTK MT6595M bisa setara dengan Snapdragon 800.

Berikut hasil Bechmark Lenovo Vibe X2.

Conectivity

Ponsel ini sudah support teknologi 4G LTE dengan spesifikasi LTE FDD Band 1/3/7, TDD B40 or LTE FDD Band 1/3/7/30. Sedangkan untuk 3G Network support frekuensi 2100/900 Mhz atau 2100/900/850 Mhz. Kecepatan maksimal HSPA+ 150 Mbps (DL) / 50 Mbps (UL). Sementara untuk WiFi sudah menggunakan seri 802.11 b/g/n/ac, Wi-Fi hotspot. (For 5G Wi-Fi, Band 2 is not supported), Bluetooth 3.0 + 4.1 LE, FM receiver, A-GPS support.

Camera

Lenovo Vibe X2 sudah dibekali dengan kamera dengan resolusi 13MP. Untuk pilihan resolusinya sendiri kami pikir sangat sedikit dan hanya ditandai dengan perbandingan seperti 16:1, 4:3, dan 1:1. Cukup aneh memang kami agak kesulitan memilih resolusi yang diinginkan. Sedangkan untuk fasilitasnya cukup lengkap dari mulai effect, panorama, White Balance, Scene mode bahkan ISO sudah ada didalamnya.

Sedangkan pada kamera depan bercokol kamera dengan resolusi 5MP. Buat Anda yang gemar selfie tentunya ini berita baik. Apalagi di dalamnya banyak fasilitas selfie yang bisa memudahkan ketika mengambil foto seperti; Voice, Anda bisa melakukan selfie dengan mengatakan ‘Snap’ dan ‘Cheese’. Hand sign, Anda cukup menunjukan tangan (posisi melambaikan tangan) maka secara otomatis akan selfie, lalu yang terakhir yang membuat kami tertarik adalah Blink, dengan mengedipkan mata didepan kamera depan, maka Anda bisa langsung selfie.

Sedangkan untuk video Anda bisa merekam video dengan resolusi Full HD 1080p. Untuk kamera depan sama dengan kamera belakang. Untuk hasilnya kami akui cukup mengesankan pada siang hari,begitu tajam dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan warna asli.

“Kamera depan 5MP, banyak dibekali dengan kemudahan untuk selfie”

Baterai

Ponsel ini memang memiliki desain yang bagus dan kinerja yang mumpuni, namun dalam kenyataannya Lenovo cuma membekali Vibe X2 dengan baterai berukuran 2300 mAh. Terasa terlalu kecil untuk sebuah smatphone yang mengusung beragam teknologi terbaru. Namun  tidak perlu khawatir, karena prosesor yang diusung oleh Lenovo Vibe X2 memiliki kemampuan untuk menghemat daya baterai sehingga baterai akan mampu bertahan lebih lama. Sayangnya, baterai smartphone ini tidak bisa diganti karena Vibe X2 mengusung desain unibody.

Music

Kualitas suara di ponsel ini tidak mampu membuat kami terkesan, baik saat kami mendengarkan audio melalui  loudspeaker di bagian belakang atau melalui headphone bawaan. Sementara untuk pemutar musik, meski tidak menggunakan pemutar musik bawaan, untungnya google sudah menyediakan atau Anda bisa men-downloadnya di toko aplikasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0