Smartphone Berjiwa Muda yang Kaya Fitur

Review Lenovo S60

c51a208ff57591bd2c03cbf3a9ad691aSeri S dalam keluarga Lenovo dikenal sebagai jajaran ponsel yang tak hanya mengemas banyak fitur, tetapi juga stylish. Umumnya, ponsel-ponsel ini ditujukan bagi mereka enerjik, berjiwa muda, dan tentu saja, peduli dengan gaya. Tak terkecuali seri teranyar, Lenovo S60.

Rp 2.599.000

Design
Harganya mungkin tak semahal kakaknya – Lenovo S90, namun tidak berarti Lenovo S60 kekurangan daya tarik. Khususnya dari segi penampilan. Dengan membawa bodi setebal 7,7mm dan bobot 128 gram, Lenovo S60 terlihat cukup menawan. Paling tidak, enak dipandang, sementara dimensi 143,3 x 72 x 7,7 mm yang dibawanya memungkinkan Anda memegangnya dengan nyaman. Ya, Anda yang bertangan besar.

Ok, lupakan eleganitas yang mungkin bisa Anda dapatkan dari sebuah ponsel berbalut logam. Bodi plastik yang dibawa S60 mungkin terasa kurang, namun percayalah, ini tidak terlihat sangat ringkih hingga Anda harus khawatir akan membuatnya terburai saat tanpa sengaja menjatuhkannya. Lenovo mendandani S60 dengan desain unibody, yang berarti Anda akan butuh bantuan orang ahli untuk membuka casingnya. Siapa tahu, Anda benar-benar penasaran dan ingin melihat seperti apa dalamnya.

Apalagi mengingat hampir tak ada yang istimewa di bagian luarnya. Maksud kami terkait penempatan kamera, tombol-tombol fisik maupun tombol virtual. Secara garis besar hampir sama dengan ponsel lainnya. Kalaupun ada satu hal yang bisa kami garisbawahi, itu adalah penempatan speaker di bagian bawah ponsel berdampingan dengan port charger. Jempol. Bagaimanapun kami meletakkannya, suaranya tetap terdengar baik.

Display
Ini adalah ponsel yang dibuat untuk menarik hati anak muda penyuka multimedia. Paling tidak itulah yang dikatakan Lenovo saat memperkenalkannya. Dan benar saja, perusahaan asal Tiongkok ini mendadani Lenovo S60 dengan ukuran layar yang terbilang besar, yakni 5 inci. Lebih dari cukup bukan, untuk menikmati aneka tontonan atau bermain game. Apalagi, teknologi panel yang digunakan di sini juga IPS, yang berarti sudut pandang lebih luas. Nah, kalaupun ada satu hal yang cukup disayangkan itu adalah keputusan Lenovo untuk hanya membekalinya dengan resolusi 1280 x 720, alias HD dan bukannya Full HD.

Kami mengujinya untuk menonton sebuah video. Sepintas, gambar yang tersaji memang terlihat baik – cerah dengan warna warna yang tajam. Namun jika diperhatikan lebih seksama, perkawinan antara layar besar dan resolusi yang ditawarkan cukup terasa pada tingkat kejelasan. Gambar dan teks kurang detail.

Tak hanya itu, Lenovo S60 juga tidak dibekali lapisan pelindung seperti Gorilla Glass atau semacamnya sehingga akan perlu bagi Anda untuk mempersenjatau diri dengan pelindung layar. Itupun jika Anda tidak mau luka gores menghiasi wajahnya.

Performance
Di atas kertas, performa yang ditawarkan Lenovo S60 – lewat chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang dipadukan dengan prosesor 64-bit quad-core 1,2GHz memang tidak bisa dibilang mewah. Namun, ini bisa dikatakan cukup baik di kelasnya. Paling tidak, itulah yang kami rasakan selama menggunakannya dua hari belakangan ini. Tak hanya cepat, berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya pun terasa smooth. Ada jeda sesekali. Tapi belum sampai membuat kami kesal. Atau, apa kami mungkin harus menggunakannya lebih lama lagi?

Bagaimanapun, kami rasa Lenovo berupaya cukup keras untuk mendandani S60 dengan amunisi terbaik. Di segi penyimpanan misalnya, Lenovo membekali S60 dengan ruang sebesar 8GB yang dapat diperluas hingga 32GB dengan menggunakan slot microSD. Itu belum termasuk RAM 2GB dan baterai berkapasitas 2150mAh.

Kami memberdayakan ponsel ini untuk mengerjakan sejumlah kegiatan, mulai dari menonton film (streaming), memutar video konser, hingga browsing internet. Hasilnya, pada posisi baterai 86%, S60 masih menyisakan tenaga sebesar 32% setelah lima jam pemakaian. Kami berasumsi, masa hidup yang lebih lama bisa didapatnya, dengan catatan hanya digunakan untuk pemakaian standar.

Camera
Memposisikan diri sebagai ponsel-nya anak muda, tak heran jika Lenovo menjadikan kamera sebagai salah satu fitur andalan pada S60. Di bagian belakang misalnya, perusahaan asal Tiongkok ini membenamkan kamera beresolusi 13MP dengan LED flash. Sementara di bagian depan ada kamera 5MP wide-angle fixed focus.

Secara garis besar, performa kedua kamera ini terbilang baik. Sensor 13MP cukup bisa diandalkan baik dalam situasi banyak cahaya maupun sebaliknya. Pun demikian dengan kamera depan 5MP. Untuk selfie, gambar yang dihasilkan terbilang lumayan. Meskipun ada kalanya tidak terlalu tajam. Nilai lebihnya adalah, bahwa lensa yang digunakan wide angle. Hal ini tak hanya memungkinkan Anda mengambil selfie yang sempurna, Anda bahkan bisa mengajak banyak teman untuk selfie bersama.

Satu hal yang menjadi kekurangan, Lenovo S60 terbilang minim dukungan pada amunisi kamera. Untuk pilihan mode pengambilan gambar, hanya ada Normal, Effect dan Panorama.

User Interface
Sesuai dengan spesifikasi yang tertera di kemasan, Lenovo S60 sejatinya hadir dengan sistem operasi Android KitKat 4.4. Namun mengingat update ke Android Lollipop 5.0.2 telah tersedia, kami pun memilih untuk memperbaruinya. Dan ini tentu saja kabar baik.

Seperti diketahui, update ini membawa beberapa perbaikan dan hal-hal baru. Salah satu contoh yang paling kentara tentu saja antarmukanya, di mana Google telah menerapkan konsep Material Design. Itu belum termasuk modifikasi dari Vibe UI 2.0, yang secara keseluruhan membuat tampilan S60 terlihat minimalis sementara tetap colourful.

Tidak hanya itu saja, dalam update Android ini kita juga akan menemukan tampilan yang berbeda pada bar notifikasi serta lock screen.

Connevtivity
Dalam hal konektivitas, banyak hal bisa Anda banggakan dari Lenovo S60. Meskipun sebenarnya wajar-wajar saja jika melihat pada harga yang ditawarkannya. Di sini, selain GPRS, EDGE, HSPA+, Anda juga akan menemukan WLAN WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot 2G, dan Bluetooth 4.0.

Untuk membuatnya sejajar dengan beberapa saudaranya yang telah lebih dulu hadir, katakan saja Lenovo S90 atau bahkan Lenovo A6000, S60 juga telah  mendukung jaringan LTE untuk konektivitas data yang lebih cepat. Fasilitas ini nantinya, memungkinkan Anda, khususnya penikmat konten multimedia, mendapat kesenangan lebih baik saat browsing, menonton film, mendengarkan musik secara streaming ataupun bermain game secara online.

Sementara fasilitas A-GPAS support akan membantu Anda dalam proses tagging lokasi ketika mengambil gambar. Tak hanya itu, Anda bahkan bisa langsung membaginya ke jejaring sosial seperti Facebook, Skype, Twitter dan WeChat yang datang secara pre-loas ke smartphone Anda. Oh, satu hal lagi, Lenovo S60 ini mendukung kartu SIM ganda, alias Dual SIM (GSM-GSM).

Saat ini, Lenovo S60 telah tersedia di pasar Indonesia, dengan harga Rp 2.599.000. Sementara untuk pilihan warna, Anda bisa memilihnya antara Laser Yellow, Pearl White dan Graphite Grey. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here