Huawei P40 Pro vs Samsung Galaxy S20 Ultra: Adu Canggih Duo Flagship

Sistem Operasi

P40 Pro S20 Ultra

Sistem operasi di kedua smartphone bak langit dan bumi. Keduanya memang sama-sama berjalan di atas sistem operasi Android 10, tapi beda basis.

Huawei P40 Pro tetap percaya diri dengan EMUI 10 berbasis Android 10 AOSP + HMS atau Huawei Mobile Service. Sedangkan Samsung Galaxy S20 Ultra nyaman berjalan di One UI 2.0 berbasis Android 10 yang mendukung GMS atau Google Mobile Service.

Tentu saja, ada pengalaman berbeda selama menggunakannya. Ketika menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra, semuanya terasa mudah karena seluruh aplikasi yang diinginkan tersedia di Google Play Store ataupun Galaxy Store.

Sementara Huawei P40 Pro, “merepotkan” menjadi kata pertama yang langsung terlintas di pikiran. Perlu berbagai cara untuk sekadar bisa me-restore backup chatting WhatsApp yang perlu akses Google Drive.

{Baca juga: Review Huawei P40 Pro: Masih ‘Pede’ dengan HMS}

P40 Pro S20 Ultra

Butuh download file .APK yang tidak jelas keamanannya agar dapat menjalankan aplikasi media sosial yang populer, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Begitu juga dengan layanan ride sharing yang sulit dioperasikan di smartphone ini.

Meski demikian, ada sejumlah aplikasi populer yang bisa ditemukan di App Gallery. Misalnya, e-commerce, m-banking, streaming video, dan lainnya.

Kamera

P40 Pro S20 Ultra

Huawei P40 Pro dan Samsung Galaxy S20 Ultra sama-sama mengandalkan empat kamera utama yang mampu memberikan foto ataupun video dengan kualitas terbaik. Konfigurasi kamera keduanya pun sama persis, yakni lensa utama, lensa ultrawide, lensa periskop, dan 3D ToF.

P40 Pro membawa kamera dengan konfigurasi Ultra Vision 50MP aperture f/1.9, lensa ultrawide 40MP Cine Camera, lensa periskop 12MP dengan kemampuan 5x optical-zoom, dan 3D ToF Camera.

Sementara S20 Ultra, memiliki lensa dengan sensor 108MP, lensa telephoto dengan skema periskop 48MP yang didukung OIS, lensa ultrawide 12MP, dan lensa 3D ToF.

Lensa utama kedua smartphone ini sama-sama menghasilkan foto dengan resolusi default 12MP. Tapi, kedua lensa tersebut bekerja dalam skema pemrosesan gambar yang berbeda.

{Baca juga: DxOMark: Galaxy S20 Ultra Belum Sanggup Geser Huawei P40 Pro}

Lensa Ultra Vision 50MP dari P40 Pro menggunakan sensor kamera dengan skema Quad Bayer atau mengubah 4 pixel menjadi 1 pixel (4-in-1). Sementara lensa 108MP di Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan sensor 108MP dengan skema tetra-binning atau mengubah 4 pixel menjadi 1 pixel (4-in-1) dengan hasil foto default 27MP.

P40 Pro S20 Ultra

Meski proses dan skemanya berbeda, kedua smartphone tetap mampu menghasilkan detail yang jauh lebih akurat, dan komposisi warna yang lebih baik.

Berbicara soal kamera periskop, kedua smartphone punya kemampuan yang berbeda khususnya soal optical-zoom. Kamera periskop P40 Pro punya kemampuan 5x optical-zoom, 10x hybrid-zoom, dan 50x digital-zoom. Sedangkan S20 Ultra, menawarkan 4x optical-zoom, 10x hybrid-zoom, dan 100x digital-zoom yang disebut Samsung sebagai “Space Zoom”.

Kamera ultrawide pun keduanya mengusung konfigurasi berbeda. Huawei P40 Pro membawa lensa ultrawide 40MP Cine Camera. Punya skema Quad Bayer, lensa ini secara default menangkap di gambar di resolusi 10MP. Sementara S20 Ultra menyuguhkan lensa 12MP untuk pengambilan gambar ultrawide.

Jangan lupakan lensa 3D ToF. Keduanya sama-sama memiliki lensa 3D ToF yang membantu kamera utama untuk mengambil foto bokeh atau portrait yang dramatis, serta mampu mengelompokkan mana objek utama dan bagiannya yang harus ditonjolkan dan mana background foto yang wajib untuk di-blur.

{Baca juga: Benchmark Samsung Galaxy S20 Ultra vs Huawei P40 Pro}

P40 Pro S20 Ultra

Perbedaan pun terdapat pada bagian kamera depan. Huawei P40 Pro punya kamera 32MP dan sensor IR Depth. Sementara S20 Ultra mengandalkan kamera 40MP yang mengusung teknologi Quad Bayer.

Pun demikian, baik Huawei P40 Pro maupun Samsung Galaxy S20 Ultra sama-sama memberikan foto selfie yang diambil tergolong bagus.

Itu dia compare Huawei P40 Pro dan Samsung Galaxy S20 Ultra dari sisi performa, sistem operasi, dan juga kamera. Setelah melihat perbandingan tersebut, Anda memilih yang mana? (MF/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0