Wajib Tahu! 8 Penyebab Smartphone Cepat Panas

Telset.id – Smartphone modern sudah dibekali dengan beragam teknologi canggih dan macam-macam aplikasi yang tersemat secara default. Namun jika tak hati-hati, kecanggihan itu justru bisa mendatangkan masalah. Salah satunya adalah smartphone cepat panas. Kenapa bisa panas?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sebuah smartphone menjadi cepat panas. Mulai dari cara penggunaan yang kurang tepat, hingga mungkin karena penyebab lainnya.

Masalah smartphone menjadi cepat panas ini memang agak menjengkelkan. Karena selain membuat kita menjadi kurang nyaman karena tangan terasa panas, masalah ini juga bisa menyebabkan perangkat menjadi rusak.

Untuk memastikan penyebabnya, Anda memang harus mencari tahu biang masalahnya. Nah, tim Telset.id akan kasih tahu beberapa penyebab smartphone menjadi cepat panas.

Berikut ini 7 penyebab smartphone menjadi cepat panas yang kami rangkum untuk sobat Telset. silahkan disimak sob:

1. Terlalu Lama Buka Aplikasi Streaming

Memutar aplikasi streaming terlalu lama menjadi salah satu penyebab utama smartphone cepat panas. Seperti bermain game, aplikasi streaming sudah pasti membutuhkan koneksi Internet yang butuh daya sangat besar.

Biasanya Anda akan menjadi “lupa waktu” saat menonton film-film favorit yang ada di aplikasi streaming, seperti Netflix dan juga YouTube. Alhasil, smartphone akan menjadi cepat panas karena dipaksa bekerja keras.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan Bersamaan

 

Terkadang tanpa kita sadari sering membuka aplikasi di smartphone secara bersamaan dalam satu waktu. Hal ini juga bisa jadi penyebab ponsel cepat panas. Karena semakin banyak aplikasi yang dijalankan dalam satu waktu, maka semakin besar kemungkinan ponsel akan jadi cepat panas.

Makanya tutuplah aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Kalau Anda malas menutupnya satu persatu, Anda bisa menutup semua aplikasi yang berjalan dengan memanfaatkan fitur clear recent app yang selalu ada di semua merek ponsel.

3. Main Game Terlalu Lama

Bermain game di smartphone memang mengasyikan, dan bahkan bisa bikin kita lupa waktu. Tapi harus diingat, salah satu penyebab utama smartphone menjadi cepat panas karena kita bermain game terlalu lama.

Disaat Anda bermain game-game berat semisal PUBG, maka GPU yang ada smartphone akan dipaksa bekerja keras selama berjam-jam saat Anda asyik memainkan game tersebut. Lalu, berapa lama sebaiknya kita maksimal bermain game di smartphone?

Memang tidak ada aturan bakunya, tapi kami sarankan untuk waktu bermain yang ideal sekitar 1-2 jam. Setelah itu, Anda sebaiknya beristirahat dulu sejenak untuk mendinginkan perangkat. Cara ini juga bermanfaat agar baterai smartphone bisa lebih awet.

4. Update Aplikasi dan Software

Gambar terkait

Jika Anda banyak mengunduh banyak aplikasi di perangkat ponsel, maka sebaiknya harus rajin-rajin melakukan update aplikasi. Karena jika tidak, bisa saja aplikasi yang memiliki bug berpotensi menyebabkan masalah panas, karena prosesor jadi bekerja kurang optimal.

Karena dengan melakukan update, maka bug yang terdapat pada aplikasi seringkali telah diperbaiki oleh developer. Selain update aplikasi, Anda juga sebaiknya selalu melakukan update sistem operasi. Karena biasanya penambalan bug diberikan setelah melakukan update.

5. Pengaturan Perangkat Belum Optimal

Hasil gambar untuk pengaturan layar smartphone

Salah dalam pengaturan ponsel juga bisa menjadi penyebab perangkat menjadi cepat panas. Untuk itu, cobalah Anda cek apakah pengaturan ponsel sudah optimal atau belum.

Misalnya, bisa saja pengaturan tingkat kecerahan layar yang terlalu terang, penggunaan live wallpaper yang bikin boros baterai, atau bisa juga karena widget yang terlalu banyak, dan lain sebagainya.

6. Susah Sinyal

Jika Anda berada di ruangan yang kedap atau di daerah yang susah sinyal, maka jangan kaget kalau ponsel Anda tiba-tiba terasa panas. Yup, panas itu disebabkan karena ponsel bekerja keras untuk menangkap sinyal yang kurang bagus di tempat Anda berada.

{Baca juga: Awas! Cuaca Panas Bisa Bikin Baterai Ponsel Rusak}

Cobalah cari lokasi yang bisa mendapatkan sinyal yang lebih baik, atau pakailah jaringan WiFi kalau memungkinkan. Dengan begitu akan mengurangi beban kerja ponsel Anda.

7. Kualitas Baterai Jelek

Baterai memang terkait erat dengan panas pada perangkat. Itu sebabnya kasus ponsel terbakar biasanya dipicu oleh buruknya kualitas baterai yang memicu panas pada perangkat ponsel. Biasanya kualitas baterai akan menurun seiring dengan umur penggunaan ponsel.

Jika Anda memakai ponsel model lama yang masih bisa dicopot baterainya, maka sebaiknya baterai tersebut diganti dengan yang baru. Lalu bangaimana dengan ponsel model baru yang sudah unibody, alias baterainya tidak bisa dicopot?

Tak perlu khawatir, karena jika tidak ada kerusakan, biasanya smartphone yang menggunakan baterai tanam yang tidak bisa diganti memiliki daya tahan yang lama.

8. Pengaruh Cuaca Panas

Pengaruh lingkungan di cuaca yang sangat panas juga sangat mempengaruhi kondisi perangkat. Paparan sinar matahari langsung bisa menyebabkan ponsel menjadi cepat panas. Untuk itu hindari perangkat kontak langsung dengan sinar matahari.

{Baca juga: 6 Cara Mudah Amankan Smartphone dari Cuaca Panas}

Harap diketahui juga, paparan sinar matahari secara langsung juga bisa menyebabkan kerusakan kompnen lainnya, Seperti bisa mengakibatkan layar sentuh di ponsel tidak berfungsi dengan baik, dan kerusakan pada baterai yang berujung lebih cepat habis. [HBS]

 

 

1 KOMENTAR

  1. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here