telset

Waduh, Truk Masuk Jurang Gara-gara Ikuti Google Maps

Telset.id, Jakarta – Kisah miris ini bisa menjadi pelajaran bagi kita agar tetap waspada dan memperhatikan jalan, meski dipandu apliaksi navigasi Google Maps. Baru-baru ini, sebuah truk masuk jurang sedalam 20 meter di Ubud, Bali, gara-gara mengikuti panduan Google Maps.

Jadi, kisah ini berawal ketika seorang pengemudi bernama Agus Tri Pamungkas mengendarai truk dengan panduan navigasi dari Google Maps.

Dilansir Telset.id dari Mashable, Selasa (12/02/2019), ketika mengikuti navigasi dari aplikasi besutan Google itu, Agus merasa ada yang aneh dengan panduan yang diberikan.

Pasalnya, dia merasa jika Google Maps mengarahkan ke jalanan yang sempit. Alhasil, ketika sampai di sebuah tempat yang terjal, truk yang dikendarai pria berusia 23 tahun itu pun terjun ke jurang sedalam 20 meter menuju Sungai Wos yang berada di bawah tebing.

{Baca juga: Google Mulai Uji Fitur Baru Google Maps Berteknologi AR}

Sungai tersebut berada di perbatasan antara Desa Lodtunduh, Ubud dan Desa Singapadu Kaler, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Menurut penduduk desa yang melihat kejadian, Agus tampaknya lupa menyesuaikan pengaturan navigasi di Google Maps.

Sebab, ia ternyata memilih rute untuk kendaraan roda dua, sehingga Google otomatis memberikan opsi jalanan alternatif yang lebih sempit. Melihat kejadian tersebut, penduduk desa pun berusaha mengevakuasi korban dari mobilnya. Beruntung, Agus bisa selamat dan hanya mengalami luka memar dan sedikit terkilir.

Kasus orang yang nyasar ketika menggunakan aplikasi navigasi juga pernah terjadi pada Januari 2018 lalu. Di Vermont, Amerika Serikat, tiga wisatawan yang mengendarai mobil jip diarahkan oleh Waze untuk berbelok ke dermaga di dekat markas penyelamat pantai Coast Guard.

{Baca juga: Andalkan Waze, Tiga Wisatawan Malah Nyasar ke Danau}

Sesampai di lokasi, mereka akhirnya sadar hanya berjarak puluhan meter dari Danau Champlain. Situasi benar-benar sepi dan rawan. Tiga wisatawan yang menumpang jip pun kemudian ngacir dan sampai di kota dalam keadaan selamat.

Sang empunya mobil jip merasa penasaran dengan cerita tersebut. Ia lalu mencoba apa yang dilakukan oleh tiga wisatawan itu. Dan sama, ia juga kesasar, diarahkan ke Danau Champlain oleh Waze. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0