Netizen Ramai Laporkan Suara Dentuman Misterius di Jakarta

Suara Dentuman Jakarta

Telset.id, Jakarta – Sejak Minggu (20/9/2020), terdengar suara dentuman misterius di Jakarta yang masih terdengar sampai hari ini (21/9/2020). Suara tersebut dilaporkan oleh para netizen di Twitter sampai jadi trending topic.

Berdasarkan pantauan tim Telset.id melalui Trends24, tagar #dentuman berada di jajaran trending topic Twitter sampai saat ini.

Suara Dentuman Jakarta

Salah satu netizen yang membicarakan suara dentuman misterius adalah @rizki_munaf. Ia mengatakan kalau dentuman terdengar di Kampung Melayu, Jakarta Timur, sebanyak dua kali.

{Baca juga: Netizen “Ribut” Komentari Tampilan Baru dari iOS 14}

“#dentuman Semalam jam 20.00 (perkiraan) Hari ini jam 05.30 & 05.32 (karena langsung lihat jam) Kampung Melayu,” cuit @rizki_munaf. 

Akun @zwestykrisan pun melaporkan suara dentuman terdengar cukup jelas dari tempat tinggalnya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Gaes, saya denger #dentuman lagi kali ini lebih kenceng pkl. 02.19 wib. Ada yg denger? Posisi di pasar minggu, jaksel,” cuitnya. 

Sementara akun @BirkinDust, meminta kepada netizen lain supaya bisa menjaga diri karena belum diketahui penyebab suara dentuman misterius tersebut.

“Temen-temen gua yang di daerah, Pasar Minggu, Kalibata, Tebet, dan sekitarnya pada denger dentuman beberapa menit lalu. Apa iya? Stay safe, everyone,” cuit @BirkinDust.

Meski demikian, ada pula netizen yang tidak mendengar suara dentuman. Misalnya saja akun @wildamulya24 yang tinggal di Rawamangun, Jakarta Timur, tidak mendengar suara misterius yang ramai dibicarakan itu.

“#dentuman apa sih?ini di rawamangun ga denger apa apa,” cuit @wildamulya24.

Lalu ada juga netizen @theo_bahrudin yang tinggal di Jakarta Utara, mengaku tidak mendengar suara dentuman misterius tersebut.

“Jakarta Utara gak denger #dentuman,” cuit @theo_bahrudin. 

Suara dentuman misterius di Jakarta ini sempat diselidiki oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, laporan dentuman bertepatan dengan aktivitas petir yang terjadi di Gunung Salak, Bogor, antara pada Minggu 20 September 2020, pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB.

“Hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lighting detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB,” kata Daryono.

{Baca juga: Anies Tarik Rem Darurat, Netizen “Ribut” Soal PSBB Jakarta}

Melalui keterangan resmi kepada awak media pada Minggu (20/9/2020), Daryono membuat dugaan awal jika dentuman terjadi akibat aktivitas petir di Gunung Salak.

“Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir,” tutup Daryono. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here