Unik! Mobil SUV Ini Dibangun dari Masukan Netizen di Medsos

Telset.id, Jakarta – Untuk pecinta petulangan, memiliki tipe mobil SUV atau kendaraan utilitas sport seakan menjadi keharusan karena memiliki kemampuan melintasi trek alam diatas rata-rata mobil “biasa.”

Tak heran mobil jenis ini cukup laris di sejumlah negara yang masih banyak memiliki kondisi alam tak terjamah atau objek wisata alam yang belum tersentuh aspal alias off road seperti di Amerika dan Timur Tengah.

Hampir seluruh produsen mobil membuat mobil SUV yang dilengkapi fitur penggerak empat roda (4 wheel drive) dan peralatan penunjangnya. Namun tidak semua fitur mobil tersebut bisa memenuhi keinginan konsumen, sehingga penjualannya juga tidak sesuai ekspektasi.

Untuk mengakomodir keinginan konsumen atau penggunanya, produsen mobil mungkin bisa mencontoh Nissan. Perusahaan asal Jepang ini membangun mobil SUV Nissan Armada Mountain Patrol “full size” berdasarkan masukan dari media sosialnya @NissanUSATrucks di Instagram dan halaman Facebook.

Sebelumnya Nissan telah melakukan langkah ini untuk proyek-proyek mereka seperti sedan sport 370Z Fairlady pada 2012 dan truk pickup Titan pada 2014. Nissan juga menggunakan Armada untuk mengubahnya menjadi konsep Snow Patrol di Chicago Auto Show.

Dari hasil masukan penggemarnya, Nissan Armada Mountain Patrol akan dilengkapi tenda pop up dari Cascadia Vehicle Tents di atapnya, yang disandingkan dengan tenda dari Rhino Racks dan tenda tambahan dari Pegunungan Alpen. Sedangkan untuk penyimpanan, para penggemar ingin Armada memiliki “nampan” dari Rhino Racks, pendingin minuman dari Otterbox dan lemari es dari Dometic.

Meskipun dari sono-nya Armada memiliki jarak dari tanah (ground clearance) lebih dari 180 mm, namun para penggemar merasa masih kurang tinggi dan gagah. Alhasil SUV ini permak lagi sehingga lebih tinggi dan mampu mengakomodasi roda raksasa berukuran 35” Nitto Ridge Grappler yang melingkari velg Rebound Icon 17” serta dikawal suspensi besutan Icon Vehicle Dynamics.

Tak lupa mobil sangar ini dilengkapi bemper samping alias rock slider dan bumper baja untuk melindungi bodi mobil dari benturan batu atau dahan pohon yang ditemui di lintasan off road. Winch 12.000 pon lansiran Warn tipe Platinum Series membuat kendaraan ini bisa melepaskan diri seandainya terjebak di kubangan atau jika ingin merayap di bebatuan.

Belum cukup, Nissan Armada Mountain Patrol ini juga dibekali sistem navigasi off-road Lowrance, radio, lampu tembak LED, dongkrak hi-lift jack, sekop dan peralatan recovery lainnya seperti papan MaxTrax. Bahkan urusan stiker bodi alias body wrap juga berasal dari masukan medsos.

Mobil off road ini rencananya akan melakukan debut publiknya pada acara Overland Expo West akhir pekan ini di Flagstaff, Arizona. Selanjutnya, SUV ini juga akan ditampilkan di berbagai acara outdoor nasional di AS lainnya sepanjang tahun.

Nissan memastikan Armada Mountain Patrol tidak akan dijual di showroom resmi dalam waktu dekat. Sayangnya tipe mobil ini juga tidak dijual resmi di Indonesia, namun penggemarnya masih bisa membelinya di Importir Umum (IU) walau harus merogoh kocek dalam-dalam.

Sumber : https://www.cnet.com/roadshow/news/nissan-armada-mountain-patrol-concept-born-from-social-media/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here