Unik! ATM di Belanda Tampilkan Informasi Anak Hilang

Telset.id, Jakarta – Ada yang menarik dalam mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Belanda. Awal pekan lalu 300 mesin ATM yang diproduksi In2Retail mulai menampilkan informasi mengenai anak hilang di mesin uang yang ada di Negeri Kincir Angin tersebut.

Dilansir Telset.id dari The Verge pada Rabu (29/05/2019), mesin ATM ini mampu menampilkan dua jenis peringatan yang berbeda yakni Vermist Kind Alert dan Amber Alerts yang spesifik untuk orang Belanda.

Kedua peringatan itu tentang anak-anak yang hilang, tetapi Peringatan Amber Alerts digunakan ketika kasusnya semakin serius. Melalui Amber Alerts informasi akan terintegrasi dengan SMS, Facebook dan siaran radio agar informasi semakin luas menyebar.

Selain menampilkan foto dan informasi anak tentang anak hilang ATM juga akan menampilkan video kampanye untuk mendorong orang mendaftar nomor telepon mereka agar dapat menerima pesan SMS terkait informasi tentang anak hilang.

{Baca juga: Pakai Trojan, Hacker Bobol Uang ATM di Asia dan Afrika}

Menurut organisasi AmberAlert.eu, pada tahun 2018, ada 26 peringatan yang dikeluarkan di seluruh Eropa tentang 30 anak yang hilang. Dari mereka, 97% anak-anak berhasil ditemukan.  Demi menjaga privasi setiap tautan ke informasi publik akan dihapus setelah seorang anak ditemukan.

ATM terletak di bandara, pusat perbelanjaan, dan dekat dengan tempat wisata. Jika ide itu  berhasil, pihak berwenang dapat memperluas sistem ke vendor ATM lainnya dengan tujuan akhirnya mencakup seluruh negara. Belanda adalah negara pertama yang menggunakan ATM nya untuk menampilkan peringatan tersebut.

{Baca juga: Makin Pintar, Dana Kini Bisa Kirim Uang dan Simpan ATM}

ATM adalah lokasi terbaru untuk menampilkan peringatan tentang anak hialng. Sebelumnya informasi tersebut sudah ditampilkan di rambu jalan raya, papan iklan, dan situs web di seluruh Eropa, Amerika Serikat, serta aplikasi utama seperti Waze dan Google Maps. [NM/HBS]

Sumber: The Verge

Previous articleEmma Sri Martini Resmi Jadi Dirut Telkomsel
Next articleDuh! Aplikasi di iPhone Bajak 1 Ton Data Pengguna?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here