DANA Kini Bisa Kirim Uang dan Simpan di ATM

Telset.id, Jakarta – Layanan dompet digital Dana kini memungkinkan pengguna kirim uang, menyimpan kartu debit ATM dan kartu kredit, serta menunjang berbagai transaksi keuangan

Dana terus memperkuat kepabilitasnya sebagai salah satu dompet digital di Indonesia, dengan berbagai layanan untuk melakukan pembayaran digital.

Diungkapkan CEO DANA, Vincent Iswara, sebagai pembayaran digital berplatform terbuka, Dana memiliki kemampuan untuk setiap pelaku usaha baik online maupun offline.

“Para pelaku usaha dapat lebih berkonsentrasi terhadap produknya dan pembayaran dapat dilakukan dengan debit rekening atau memanfaatkan kartu kredit cukup melalui Dana,” ungkapnya.

Adapun pengusaha offline yang dimaksud disini meliputi pedagang pasar tradisional, pengemudi transportasi umum, pemilik toko hingga gerai yang memiliki ratusan cabang.

Seperti misalnya Ramayana, KFC, Sour Sally, Gulu Gulu, Hoka-Hoka Bento, Wendy’s, Coffee Bean, Baskin Robbins, Bakmi GM, Domino’s, Rejuve, hingga Kopi Kulo dan Kopi Kenangan.

Sementara pengusaha online adalah para pelaku bisnis e-commerce dan media sosial, atau startup individual.

{Baca juga: Ramai Uninstall Bukalapak, Ini 7 Cara Aman Belanja Online}

Selain itu, Dana juga berkolaborasi dengan institusi perbankan untuk meningkatkan jumlah pengguna layanan sekaligus meningkatkan inklusi finansial secara luas.

Melalui sinergi dengan Dana, bank-bank yang memiliki jumlah cabang terbatas tetap dapat meningkatkan jumlah pengguna layanannya.

Karena baik pengguna maupun pengusaha memiliki opsi untuk menyimpan akunnya di Dana, ataupun mengirimkan uang ke rekening bank melalui Dana.

“Dana bukan pengganti bank, melainkan pelengkap transaksi pembayaran atau penggunaan layanan perbankan,” ujar Vincent.

Sebagai contoh, Dana mampu memfasilitasi transfer saldo dengan cepat dan mudah melalui layanan Kirim DANA dan Minta DANA, serta memungkinkan pengguna membayar dengan kartu debit atau kartu kredit yang sudah tersimpan di Dana.

Dari sisi pelaku usaha, transaksi menggunakan Dana juga dapat membuat bisnis berjalan lebih produktif dan efisien.

Ini karena pelaku usaha tak perlu lagi khawatir jika tidak memiliki uang pecahan untuk kembalian atau khawatir dengan risiko kehilangan uang, karena transaksi dengan nominal tak lazim seperti Rp 1 pun dapat terlayani.

Dana yang memilih BRI sebagai mitra strategis berharap tidak hanya dapat meningkatkan literasi dan inklusi keuangan lewat upayanya, tetapi juga semakin membuka peluang bagi para pelaku usaha konvensional untuk go-digital.

“Sinergi Dana dengan dunia usaha dan perbankan di Indonesia diharapkan makin meningkatkan antusiasme dan kepercayaan masyarakat dalam menerapkan budaya nontunai dan nonkartu,” pungkas Vincent.

{Baca juga: 52% Konsumen di Singapura Belanja Online via Smartphone}

Jaminan Keamanan

Isu klasik terkait jaminan keamanan transaksi juga tak dimungkiri turut membayangi perjalanan Dana sebagaimana insfrastruktur pembayaran digital.

Bagi perusahaan, keamanan adalah kunci dan prioritas utama, karena keamanan adalah dasar kepercayaan pengguna. Karenanya, mereka pun memastikan bahwa semua infrastruktur dompet digital Dana berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Bahkan sudah memiliki sertifikasi PCI DSS (The Payment Card Industry Data Security Standard) yang wajib dimiliki oleh semua pihak yang menerima pembayaran kartu kredit.

Selain Bank Indonesia, Dana juga bekerja sama dengan Dukcapil Kementerian Dalam Negeri dalam pemanfaatan data kependudukan untuk proses verifikasi dan validasi.

Bagi Dana, kerja sama dengan Dukcapil berdampak signifikan dalam mempercepat layanan dan menghindari Dana dari upaya pemalsuan data.

Sementara bagi pengguna Dana, kerja sama ini dapat menghindarkan mereka dari kemungkinan penyalahgunaan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Secara teknis untuk mendukung transaksi nontunai dan nonkartu yang mudah, cepat, dan terjamin keamanannya, Dana dilengkapi dengan teknologi Kode Q, dan kemampuan untuk menyimpan dan mengakses langsung kartu debit dan kartu kredit. [IF]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI