4 Tips Mendapat Foto Sempurna ‘Super Blue Blood Moon’

Super Blood Moon (the verge)
Super Blood Moon (the verge)

Telset.id, Jakarta – Malam ini, Indonesia kembali akan kebagian satu fenomena alam langka, yakni gerhana ‘bulan berdarah’ atau Super Blue Blood Moon. Banyak orang yang penasaran ingin melihatnya secara langsung dan mengabadikan fenomena alam yang hanya terjadi setiap 150 tahun sekali itu.

Tentu untuk dapat memotret peristawa langka ini tidak semudah saat Anda memotret obyek biasa. Karena menurut Director of Product Management and Outreach dari Adobe’s Creative Cloud, Bryan O’Neil Hughes, mengambil foto bulan itu merupakan sebuah hal yang sulit dilakukan.

[Baca juga: Xiaomi Redmi 1s Kebagian MIUI 9, Tapi..]

“Mengambil gambar apapun di langit malam akan membuat kamera Anda bingung, karena itu, biasanya ada elemen trial and error,” ujar Brian seperti dikutip dari laman CNET.

Eitss, namun jangan khawatir. Meski tidak mudah, namun Brian punya tips yang akan dibagikan kepada Anda agar bisa mendapatkan hasil foto terbaik saat mengabadikan momen ‘Super Blue Blood Moon’. Ikuti tipsnya berikut ini:

1. Gunakan Tripod

Tips pertama yang sangat disarankan adalah menggunakan tripod atau meletakkan kamera atau smartphone Anda di tempat yang stabil.

2. Hindari angin

Tips kedua usakan untuk menghindari tempat yang berangin. Karena dengan berada di lokasi yang tidak berangin, Anda bisa membuat hasil gambar yang lebih tajam.

3. Pilih lokasi yang rendah polusi cahaya

Pilihlah lokasi pengambilan gambar yang rendah polusi cahaya, seperti di bukit terpencil atau paling tidak di atap sebuah gedung yang cukup tinggi. Karena polusi cahaya akan membuat foto yang Anda ambil kurang sempurna.

4. Set Kamera ke mode manual

Jangan lupa untuk mengeset kamera dalam mode manual, dan pastikan ISO di bawah 1.600 dan menggunakan bukaan shutter selebar mungkin. Jika memungkinkan, ambil gambar dalam format RAW agar Anda bisa dengan mudah mengedit hasil foto yang diambil.

“Pertimbangkan untuk mengambil foto dalam mode Manual jika Anda ingin mendapatkan detail Bulan dan langit gelap.  Mengendalikan gelap langit itu hal yang mudah dalam proses pengeditan, tapi jika Anda kehilangan informasi penting, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan,” tegas Huges.

So, setelah membaca tips ini, sekarang waktunya Anda menyiapkan kamera terbaik Anda, dan mencoba tips yang telag diberikan. Selamat berburu foto ‘Super Blue Blood Moon’ yang menakjubkan! [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here