Nokia Luncurkan Chip 5G, Kecepatan Hingga 84Gbps

Telset.id, Jakarta – Nokia baru saja mengumumkan chipset 5G terbaru mereka bernama ReefShark. Chipset ini digadang-gadang dapat membatu para vendor untuk memproduksi smartphone dengan jaringan 5G secepatnya.

Melansir dari laman ZDNet, perusahaan asal FInlandia tersebut mengatakan bahwa akan ada peningkatan kecepatan jaringan dari chipset sebelumnya hingga tiga kali lipat. Ini berarti, jika chipset sebelumnya memiliki kecepatan 28Gbps, maka ReefShark akan memiliki kecepatan jaringan hingga 84Gbps.

[Baca juga: Review Nokia 2: Tidak Serba Bisa Tapi Istimewa]

Pihak Nokia pun menambahkan, pada saat ini sudah ada 30 operator jaringan yang sudah tertarik untuk menggunakan chipset ReefShark. Oleh karena itu, mereka menjanjikan para operator sudah bisa mendapatkan chipset ini pada kuartal ketiga 2018.

ReefShark sendiri memiliki standar radio 5G New Radio (5G NR) yang berbasis 3GPP. Hal ini tentunya mempermudah para penyedia jaringan untuk membuat peralatan yang sesuai dengan standar radio tersebut.

[Baca juga: Nokia Siapkan Perangkat 5G untuk Olimpiade Jepang 2020]

Dengan teknologi antena Multiple Input Multiple Output (MIMO) yang telah diperbarui,  chipset ReefShark juga akan lebih irit dalam penggunaan energi. Nokia mengklaim, tingkat keiritan energi yang digunakan akan mencapai 85 persen jika dibandingkan dengan teknologi MIMO yang ada saat ini.

Kehadiran chipset ini semakin menunjukkan keseriusan Nokia dengan NTT DoCoMo, yang kini sedang mempersiapkan jaringan 5G agar siap dipergunakan pada Olimpiade Jepang pada 2020 mendatang. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here