Telset.id, Jakarta – Komunitas gay online di China memuji raksasa e-commerce Alibaba Group Holding karena merilis iklan pasangan sesama jenis yang kembali ke rumah untuk merayakan Tahun Baru Imlek.
Seperti dilaporkan Reuters yang dikutip Telset.id, Kamis (9/1/2020), dalam iklan berformat video dengan durasi 20 detik, seorang pria muda memasuki rumah dan memperkenalkan seorang teman pria sebagai “Kelvin” kepada ibunya.
{Baca juga: Hebat! Alibaba Sudah Setara Apple dan Google}
Ayah pria muda tersebut muncul dan melirik penuh curiga ada sesuatu yang tak beres. Ia lantas melirik ke dua gadis yang tengah duduk di meja sambil tertawa terkikik penuh sadar.
Iklan berakhir ketika Kelvin juga memanggil ayah pria muda itu dengan panggilan “Ayah”. Setelah peristiwa tersebut, suasana menjadi hening. Semua orang yang ada di sana tampak dalam kondisi canggung.
Narator kemudian mempromosikan potongan biji-bijian dan kacang-kacangan kering yang tersebar di seluruh tempat. Hal itu sama saja sebuah ekspresi dalam bahasa Mandarin untuk menonton drama terbuka.
Video itu mulai beredar luas di media sosial China ketika kelompok-kelompok gay melempar pujian karena berisi sebuah cerita penuh humor “baik hati” dan mengutamakan kehasulan dalam menyampaikan pesan.
“Tahun Baru China adalah waktu untuk reuni keluarga dan inklusi. Iklan adalah sebuah ekspresi kreatif untuk merayakan kesempatan tersebut,” terang juru bicara Alibaba dalam sebuah pernyataan.
{Baca juga: Alibaba jadi “Dalang” di Balik Aplikasi Propaganda China?}
Penggambaran individu gay dan lesbian dalam hiburan dan media jarang terjadi. Selama ini, konten semacam iklan Alibaba tersebut dilarang karena ada persuasi pemerintah atau terkena sensor langsung.
Namun, China memiliki komunitas gay yang aktif dan aktivis di kota-kota besar. Di China, pasangan sesama jenis semakin ditoleransi di masyarakat. Entah, motivasi apa yang mendorong Alibaba merilis iklan itu. [SN/HBS]
Sumber: Reuters
Tonton aja di https://bioskop.cc/