Tahukah Kamu Gurita Berubah Warna Kulit Saat Tidur?

Telset.id, Jakarta  – Apakah gurita bermimpi? Kala sedang tidur, bisa jadi gurita kerap bermimpi. Yang jelas, ada satu hal unik yang tidak diketahui oleh banyak orang ketika hewan bertantikel ini tengah terlelap. Apa itu?

Dilansir CNET, seperti dikutip Telset.id, Rabu (25/9/2019), manakala sedang tertidur, gurita berubah warna kulit. Kulitnya menjadi punya banyak pola warna yang bisa berkedip satu demi satu.

{Baca juga: Bikin Merinding! Ilmuwan Berhasil Kloning Seekor Kera}

Hal tersebut benar-benar memukau untuk ditonton. Gurita yang sedang tidur berubah warna dari abu-abu pucat, menjadi putih, menjadi krem, dan tiba-tiba berubah lagi ke pola coklat kehijauan.

Ketika terjaga, gurita akan sering berubah warna sebagai naluri alami untuk menyamar ketika berburu atau mencoba melarikan diri dari pemangsa. Lalu, apakah gurita bermimpi saat tidur?

Jadi sangat menarik untuk menduga-duga, gurita yang sedang tidur mengubah warna kulit lantaran bermimpi berburu makanan atau bersembunyi di atas batu supaya terhindar dari pemangsa.

Ahli biologi kelautan dan profesor Alaska Pacific University, David Scheel, pun mencoba menganalisanya. Ia menyebut, warna gurita kala sedang tidur mungkin didasarkan kepada mimpi.

“Ia tertidur;,  kemudian mimpi melihat kepiting, dan warna kulitnya mulai sedikit berubah. Kemudian, ia berubah menjadi gelap semua saat bermimpi meninggalkan dasar laut,” ujarnya.

{Baca juga: Ikan Paus Ternyata Lebih Mudah Dilihat dari Luar Angkasa}

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh gurita hanyalah kamuflase. Ia sering berubah-ubah warna kulit lantaran tidak ingin ada yang memperhatikannya. Seperti itulah mimpinya,” pungkas Scheel. [SN/HBS]

Sumber: CNET

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0