Sweet! Sekelompok Siswa Buatkan Bocah Disabilitas Mobil Mainan Pintar

Mobil Mainan

Telset.id, Jakarta – Sejumlah murid-murid cerdas dan kreatif membuatkan mobil mainan pintar yang sudah dimodifikasi untuk bocah disabilitas berusia dua tahun bernama Cillian Jackson. Cillian diketahui mengalami kondisi genetik yang membuatnya tidak bisa berjalan.

Murid-murid yang bersekolah di sekitar tempat tinggal Cillian di Farmington, Minnesota, Amerika Serikat ini akhirnya berinisiatif untuk membuatkan bocah tersebut mobil mainan agar ia dapat berkeliling dengan gaya.

Dilansir dari Kora, Sabtu (06/04/2019), Awalnya ahli terapi fisik yang biasa mengobati Cillian memberi tahu orangtuanya tentang program yang disebut Go Baby Go.

{Baca juga: Google Bikin Voice Access untuk Pengguna Disabilitas}

Program ini menyediakan mobil mainan yang sudah dimodifikasi untuk anak-anak dengan mobilitas terbatas.

Mereka kemudian mencoba mencari tahu mengenai program itu, tetapi ternyata tidak ada Go Baby Go di dekat rumah keluarga Cillian. Sementara, kursi roda bermotor harganya bisa mencapai lebih dari USD 1.000 atau setara Rp 14 jutaan.

Kemudian munculah ide dari orangtua Cillian. Mereka mendatangi tim robotika di Farmington High School dan bertanya apakah para siswa bersedia untuk mengerjakan sebuah proyek dari mereka.

Para siswa menerima tantangan itu. Mereka kemudian meniru desain Go Baby Go, dan mulai memodifikasi mobil mainan Power Wheels yang disediakan orangtua Cillian.

{Baca juga: Keren! IKEA Rilis Kapal “Anti Buang Sampah Sembarangan”}

Para siswa diperkenankan meretasnya dengan memotong-motong elektronik mobil, mendesain ulang joystick dan menyesuaikan kursi untuk Cillian. Kemudian mereka melakukan pemrograman ulang, memasang semua instalasi perkabelan, dan menyelesaikan semua pekerjaan.

“Segala sesuatu yang telah kami lakukan dalam kompetisi robotika, secara langsung berhubungan dengan tantangan ini,” kata kata pelatih robotika Spencer Elvebak.

“Para siswa mengganti dua joystick dengan satu joystick dan menulis kode mereka sendiri untuk membuat motor menanggapi satu joystick multi arah,” jelasnya.

Selain itu, para siswa merakit tempat khusus joystick agar lebih tinggi sehingga Cillian dapat mencapainya. Para siswa juga memodifikasi tempat duduk, dan menggantinya dengan tempat duduk yang nyaman dan memiliki sabuk pengaman lima titik untuk mencegah bocah 2 tahun itu terjatuh.

{Baca juga: Konyol! Pria Ini Suruh Anaknya Masuk Mesin Game Curi Mainan}

“Dalam pendidikan, pada umumnya kami selalu memberi tahu siswa kami agar membuat alat untuk diterapkan di masa depan dan berguna,” ucap Elvebak.

Sementara itu, seorang siswa yang ikut membuat alat ini, Alex Treakle mengaku mau menerima tantangan itu karena ingin membantu oranglain.

“Saya memutuskan untuk terlibat dengan proyek ini karena saya ingin membantu seseorang, dan pada akhirnya rasanya sangat menyenangkan,” ujar Treakle.

Ketika dia melihat Cillian mencoba mainan mobil yang sudah dimodifikasi untuk pertama kalinya, Treakle mengaku senang saat melihat Cillian dengan gembira mengendarai mobil mainan bergayanya. (BA/FHP)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here