Senapan Bikinan Rusia Ini Bisa Rusak Sinyal Ponsel

Telset.id, Jakarta – Kalashnikov, perusahaan senjata asal Rusia, memperkenalkan Rex-1. Senapan tersebut diklaim berkemampuan spesial. Rex-1 mampu memblokir manuver drone serta sinyal ponsel GSM, 3G, maupun 4G LTE.

Menurut laporan Janes, dikutip pada Jumat (21/9/2018), Rex-1 merupakan senapan berjuluk “tactical anti-drone jammer”. Rex-1 dipakai oleh anggota Pasukan Lintas Udara Rusia dalam latihan militer Vostok 2018.

Rex-1 mampu memblokir sinyal ponsel di rentang frekuensi 800 Mhz, 1,8 Ghz, 2,1 Ghz, 2,4 Ghz, sampai 5,8 Ghz. Senjata pengacak itu mengganggu jaringan ponsel dengan memancarkan sinyal di frekuensi sama.

Pengacak sinyal yang dimiliki oleh Rex-1 diklaim sangat kuat. Akibatnya, sinyal ponsel akan bertabrakan dan hilang. Begitu pula dengan drone. Rex-1 bakal mengambilalih sinyal, bahkan kendali drone untuk didaratkan ke sebuah tempat.

Baca juga: AS Curiga Rusia Kembangkan Senjata Luar Angkasa

Pihak Kalashnikov menyebut, senapan Rex-1 cuma berbobot 4,2 kilogram, sudah termasuk baterai dengan waktu pengoperasian tiga jam. Komponen utama Rex-1 adalah collimator sight dan interchangeable GPS jamming modules.

Sistem navigasinya GLONASS. Khusus modul GPS jamming, ujar pihak Kalashnikov, bisa diganti sesuai kebutuhan frekuensi sasaran. Rex-1 juga punya stroboscope untuk mengukur kecepatan obyek bergerak di udara.

Baca juga: Terminator Buatan Rusia Bisa Gantikan Peran Manusia

Tak cukup, masih berdasarkan keterangan pihak Kalashnikov, Rex-1 juga punya sinar laser untuk mendukung pembidikan sasaran. Menariknya, senapan Rex-1 dilengkapi pula dengan alat perekam video berdaya tahan mumpuni.

Sumber: Janes

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here