telset
spot_img

Hari Ibu Nasional, Warganet Bagikan Momen dengan Ibunda

Telset.id, Jakarta – Tiap tanggal 22 Desember selalu diperingati sebagai Hari Ibu Nasional. Di hari spesial tersebut, masyarakat ramai membagikan foto bersama ibunda tercinta seraya mendoakannya dengan kata-kata yang indah.

Sejarah panjang mengiringi peringatan Hari Ibu Nasional yang dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Peringatan ini diambil dari momen Kongres Perempuan Indonesia I, sebuah kongres yang bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak perempuan yang saat itu masih dibatasi.

Kongres Perempuan Indonesia I digelar tanggal 22 sampai 25 Desember 1928 di Gedung Dalem Joyodipuran milik Raden Tumenggung Joyodipuro, di Yogyakarta.

Momen tersebut bersejarah karena diikuti oleh 600 orang yang berasal dari 30 organisasi wanita yang tersebar di wilayah Jawa dan Sumatera. Lalu banyak tokoh penting yang datang ke acara tersebut seperti Soejatin, Nyi Hadjar Dewantoro, hingga R.A. Soekonto.

Baca juga: Ucapan Selamat Hari Ibu jadi Trending di Twitter

Isu yang dibahasa ketika itu adalah akses pendidikan bagi perempuan, fenomena perkawinan anak, dan peran perempuan dalam keluarga. Kongres Perempuan Indonesia digelar sebanyak 3 kali dan di kongres ketiga, para anggota mengajukan usulan ke pemerintah agar 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

Usulan tersebut diterima oleh Presiden Soekarno sehingga dalam Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1959, Bung Karno menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional.

Netizen Peringati Hari Ibu Nasional  

Hingga sekarang momen Hari Ibu selalu diperingati secara suka cita oleh masyarakat termasuk di media sosial. Berdasarkan pantauan tim Telset dari Trends24 pada Rabu (22/12/2021), kata kunci “Selamat Hari Ibu” dan “Hari Ibu” ramai dicuitkan oleh netizen di Twitter.

Selamat Hari Ibu Nasional

Ketika ditelusuri lebih lanjut, banyak netizen yang merayakan Hari Ibu sambil memposting foto bersama ibunda mereka. Mulai dari netizen dengan akun @hy_akusirius yang mengucapkan terima kasih atas sang ibu.

“Terima kasih telah membawa saya ke dunia ini dan selalu melihat yang terbaik dalam diri saya. 22 Desember,” ungkap @hy_akusirius.

Ada juga cuitan dari netizen dengan akun @destriana_c yang mengaku kalau ibunya adalah sosok penting dalam hidup. Sambil berbagi momen bersama ibunya, ia berharap bisa menjadi ibu yang kuat suatu saat nanti.

Baca juga: Google Doodle Tampilkan Lebah Lucu di Hari Guru Nasional 2021

“Anda adalah segalanya bagi saya. Aku harap, aku akan menjadi ibu yang kuat sepertimu,” cuit @destriana_c.

Terakhir ada dari akun @nameslessboyyyy, yang mengucapkan selamat sekaligus meminta maaf karena belum dapat membahagiakan sang bunda.

“Bu, maafkan aku jika aku tidak bisa membuatmu bahagia, aku mencintaimu, Selamat Hari Ibu,” tutupnya.

Hingga kini ucapan selamat Hari Ibu masih menggema di Twitter dan media sosial lainnya, sebagai tanda bahwa banyak netizen yang mencintai ibu mereka. Selamat Hari Ibu. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0