Saingi Amazon, Google Ikutan Buka Kantor di New York  

Telset.id, Jakarta – Raksasa teknologi Google berencana membeli atau menyewa sebuah gedung perkantoran di jalan John Terminal, kota New York, Amerika Serikat (AS). Nantinya, gedung ini akan digunakan sebagai kantor bagi 12.000 pekerja baru perusahaan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (8/11), Google mempunyai kesepakatan untuk membeli atau menyewa gedung perkantoran seluas 1,3 juta meter persegi. Dengan begitu, Google bisa menampung hampir dua kali lipat dari pekerja saat ini.

Rencana Google untuk ekspansi ke New York muncul setelah Amazon menambah 25.000 pekerja di kota yang sama. September tahun lalu, raksasa jual beli online ini tengah mencari kantor pusat kedua sehingga bisa mempekerjakan 50.000 karyawan.

Saat ini, Amazon membagi markas barunya di dua lokasi, termasuk Long Island, New York. Sementara Google sudah mempekerjakan sekitar 7.000 orang di 111 Eight Avenue, New York.

Seperti diketahui, 111 Eight Avenue merupakan salah satu bangunan terbesar di New York yang dibeli pada 2010. Dengan jumlah tersebut, diperkiranan Google bisa mempunyai total 20.000 karyawan.

Di samping itu, Google juga berencana memperluas lahan properti yang berada di Chelsea Market. Chelsea Market sendiri merupakan aula makanan, pusat perbelanjaan, gedung perkantoran dan fasilitas produksi televisi yang terletak di lingkungan Chelsea di wilayah Manhattan, New York.

Sayang, baik pihak Google maupun pemilik jalan John Terminal menolak berkomentar.

Maret lalu, Google telah menyetujui kesepakatan untuk membeli Chelsea Market di New York sebesar USD2,4 miliar. Tujuannya untuk memperluas basis pengembangan teknologi perusahaan di sepanjang sungai Hudson. [BA/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here