telset

Ahli Ungkap Temuan Terbaru Soal Ponsel, Bukan Penyebab Tumor Otak!

Telset.id, Jakarta – Kabar baik datang bagi para pengguna ponsel. Menurut studi terbaru, penggunaan perangkat ini tidak meningkatkan kasus tumor otak.

Penelitian ini memperkuat temuan sebelumnya yang menunjukkan ponsel tidak terkait dengan kanker otak.

“Studi ini sangat penting karena kami melihat lonjakan kasus kanker dari 1975-1992,” kata Dr. Jessica Jones, asisten profesor onkologi dengan McGovern Medical School di UTHealth Houston dan Memorial Hermann Health System di Houston dalam sebuah wawancara, sebagaimana dilansir Digital Trends pada Sabtu (16/04/2022).

Jones menjelaskan, kasus kanker otak meningkat dari tahun 1995 hingga 2008. Beberapa hal – dalam kurun waktu itu – pun disebut menjadi penyebab peningkatan, termasuk penggunaan ponsel.

Baca juga: Catat! 10 Cara untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak

Namun, studi terbaru menunjukkan sebaliknya. “Studi ini mengamati begitu banyak pasien sehingga kami dapat yakin bahwa ponsel tidak menyebabkan kanker otak,” kata Jones.

Ponsel Bukan Penyebab Tumor Otak

Dalam sebuah studi terbaru, para peneliti melacak kesehatan lebih dari 1 juta wanita di Inggris.

Dari penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute, peneliti dari Oxford Population Health dan International Agency for Research on Cancer melaporkan bahwa tidak ada peningkatan risiko tumor otak secara keseluruhan atau berdasarkan subtipe tumor otak atau lokasinya pada pengguna ponsel, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakannya.

“Hasil ini mendukung akumulasi bukti bahwa penggunaan ponsel dalam kondisi biasa tidak meningkatkan risiko tumor otak,” tambah salah satu penulis studi, Kirstin Pirie dari Unit Epidemiologi Oxford Population Health’s Cancer.

Namun, para peneliti yang memimpin penelitian memperingatkan bahwa temuan mereka terbatas. Mereka mengatakan tidak jelas apakah risiko yang terkait dengan penggunaan ponsel berbeda pada mereka yang menggunakan ponsel jauh lebih banyak daripada tipikal wanita yang mereka pelajari.

Baca juga: Riset: Download dengan Koneksi 4G Lebih Ngebut Daripada WiFi

Dalam studi tersebut, hanya 18% pengguna ponsel yang melaporkan berbicara di telepon selama 30 menit atau lebih setiap minggunya. Penelitian mencatat bahwa mereka yang menggunakan ponsel untuk jangka waktu lama dapat mengurangi paparan gelombang frekuensi radio, entah dengan menggunakan perangkat handsfree atau pengeras suara.

Perlu dicatat, penelitian ini tidak menyertakan anak-anak atau remaja sebagai responden. Meski begitu, peneliti lain telah menyelidiki hubungan antara penggunaan ponsel dan risiko tumor otak dalam kelompok ini dan belum menemukan tren yang mengkhawatirkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0