Peneliti di Jepang Bikin Remote untuk Kendalikan Anjing

Telset.id, Jakarta Anjing merupakan sosok hewan yang dekat dengan manusia. Saking dekatnya, bahkan tak sedikit manusia yang menjadikan anjing baik sebagai hewan peliharaan maupun teman, yang akan menemani hari-harinya.

Kali ini, para peneliti di Jepang menemukan teknologi baru yang menarik, yakni alat yang bisa mengendalikan anjing.

Dilansir Telset.id dari CNET pada Selasa (06/11), peneliti dari Universitas Tohoku telah menemukan remote pengendali dan rompi khusus untuk mengatur prilaku anjing.

Teknologi ini mampu menjinakan semua jenis anjing. Melalui remote dan rompi yang dikenakan Anjing, Anda bisa mengatur prilaku anjing dan memberi tahu kemana mereka harus pergi.

Teknologi ini juga terbilang mudah. Pada rompi misalnya, terdapat sinar yang menembakan cahaya ke arah depan. Melalui sinar tersebut anjing akan berjalan ke kiri, kanan atau depan tergantung dimana titik cahaya tersebut dipancarkan.

Peneliti menggunakan cahaya karena mereka menilai jika anjing menyukai cahaya sehingga mereka akan mengikuti cahaya tersebut. Selain itu, rompi tersebut juga disertai kamera yang memungkinkan pemilik untuk selalu memantaunya.

Nantinya rompi tersebut akan menunjukan apa yang ada di depan anjing, sehingga Anda bisa mengarahkan anjing untuk menemukan sesuatu atau menjangkau tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau manusia.

Hewan anjing sendiri sebelumnya sempat menjadi inspirasi dalam pembuatan robot masa kini. Pada awal Oktober lalu, Boston Dynamics kembali merilis video yang memperlihatkan aksi robot anjing SpotMini buatan perusahaan. Dalam video itu diperlihatkan SpotMini secara otonom berjalan di sekitar lokasi konstruksi di Tokyo.

Menurut Boston Dynamics, robot anjing buatan mereka ini memang diciptakan untuk kebutuhan komersial di masa depan, khususnya dibidang konstruksi.

Robot ini tampak membawa peralatan khusus yang dapat digunakan untuk mensurvei kemajuan kerja. Selain itu, robot SpotMini juga dilengkapi kamera di tangannya untuk melakukan pemeriksaan rinci.

Boston Dynamics yang dimiliki oleh Softbank, mengatakan bahwa SpotMini dalam tahap pra-produksi dan akan dibuat secara massal sekitar 100 unit robot pada tahun depan.

Dikutip Telset.id dari CNBC, SpotMini akan mulai tersedia dan sudah dapat dibeli pada paruh kedua tahun 2019 untuk berbagai aplikasi. Robot berwujud seperti seekor anjing ini merupakan versi baru dari robot SpotMini yang pernah dibuat Boston Dynamics sebelumnya.

SpotMini sendiri pertama kali diperkenalkan pada bulan Juni 2016. Saat pertama diperkenalkan pada setahun yang lalu, SpotMini versi pertama memiliki tubuh yang lebih besar dan leher yang panjang mirip Jerapah. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0