Robot Anjing Ini Bisa Bantu Bersihkan Rumah

Telset.id, Jakarta – Teknologi robotik terus berkembang sangat pesat. Tak hanya dari sisi kecerdasannya, para pembuat robot kini bisa membuat gerakan yang lebih natural. Kemajuan teknologi robot ini dapat kita lihat pada robot bernama SpotMini, yang diciptakan oleh Boston Dynamics.

Perusahaan pembuat robot asal Amerika ini baru saja memposting video pendek di YouTube, yang memperlihatkan robot terbaru buatan mereka bernama SpotMini. Robot berwujud seperti seekor anjing ini merupakan versi baru dari robot SpotMini yang pernah dibuat Boston Dynamics sebelumnya.

SpotMini sendiri pertama kali diperkenalkan pada bulan Juni 2016. Saat pertama diperkenalkan pada setahun yang lalu, SpotMini versi pertama memiliki tubuh yang lebih besar dan leher yang panjang mirip Jerapah.

Dengan leher panjangnya itu, SpotMini dapat mengerjakan beberapa pekerjaan di rumah, seperti mencuci piring, membuang sampah, dan bisa menaiki tangga. Lucunya, robot ini diuji keseimbangannya dengan sengaja dibiarkan jatuh terpeleset karena kulit pisang.

Robot SpotMini versi pertama dengan leher panjang (Boston Dynamics)

Tapi nampaknya Boston Dynamics sadar kalau robot SpotMini versi awal yang mirip jerapah itu kurang menarik, karena akan terlihat “mengerikan” saat melakukan tugas-tugas di rumah. Karena itulah kemudian mereka membuat robot yang bentuknya lebih ‘ramah’ dan kecil dalam wujud robot anjing.

Seperti yang bisa Anda lihat pada video di bawah, robot SpotMini versi baru berwujud anjing ini memang terlihat lebih ramah dan lucu. Bahkan gerakannya nampak seperti sosok anjing di film-film animasi, atau mirip seperti anjing yang sering kita saksikan di serial kartun Tom and Jerry.

[Baca juga: Hanya dengan Topeng, Face ID Bisa Dibobol]

Tapi yang paling penting atau perubahan yang paling nyata adalah gerakan kakinya saat berlari terlihat lebih natural, tidak kaku seperti gerakan robot pada umumnya. Gerakan yang nampak lebih natural ini berkat sensor proprioception pada tungkai kaki dan tubuhnya.

Ini menunjukkan adanya kemajuan yang dicapai Boston Dynamics dalam membuat robot. Perusahaan yang kini dimiliki oleh raksasa teknologi dan telekomunikasi asal Jepang, SoftBank ini terinsipirasi untuk membuat robot dengan melihat gerakan-gerakan anjing, yang dapat diperintah seperti aslinya.

Jika melihat kemampuan versi sebelumnya, robot buatan Boston Dynamics ini bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sederhana, seperti mencuci piring, membuang sampah, dan bisa menaiki tangga. Sayangnya, pihak Boston Dynamics tidak menyebutkan apakah robot SpotMini versi terbaru ini juga memiliki kemampuan serupa.

[Baca juga: Tahun Depan, Apple Siapkan Tiga ‘Kembaran’ iPhone X]

Dalam video tersebut hanya dikatakan bahwa SpotMini akan “segera hadir”, namun itupun tidak dijelaskan apakah perusahaan tersebut akan menjualnya untuk umum. Tapi mungkin saja video itu hanya ingin memperlihatkan wujud robot di masa depan.

Nah, Anda bisa melihat robot SpotMini berwujud anjing buatan Boston Dynamics pada video di bawah ini:

 

 

SourceThe Verge

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI