Pecahkan Rekor, Baterai ini Sudah Bertahan Selama 176 Tahun

Selama 176 Tahun

Telset.id, Jakarta – Apakah Anda tahu ternyata selama ini ada sebuah bel yang terus bekerja selama 176 tahun non-stop. Lantas apa yang membuat bel tersebut mampu bertahan hingga kini alias selama hampir dua abad lamanya?

Dilansir Tim Telset.id dari Tech Viral, ternyata pada 1840 silam tepatnya di University of Oxford, pada bel tersebut terpasang sebuah baterai yang membuatnya terus bekerja tanpa henti dan tanpa ada gangguan hingga kini. Berdasarkan pertanyaan dari University of Oxford, selama 176 tahun terus bekerja, bel telah berdering hampir 10 miliar kali dan terus berlanjut hingga kini.

[Baca Juga: 10 Aplikasi Android yang Paling Rakus Baterai]

Saat itu, bel dengan baterai paling tahan lama tersebut dibuat oleh seorang pembuat instrumen yakni Watkin dan Hill pada 1840 yang dibuktikan dengan adanya catatan “Set up in 1840” pada bel tersebut. Kemungkinan besar, bel tersebut pada awalnya hanya bertujuan sebagai alat percobaan saja, namun di zaman sekarang ini, bel tersebut berubah menjadi sebuah alat dengan “baterai paling tahan lama di dunia” yang tercatat di Guiness book of world record.

Para peneliti yang penasaran dengan apa yang membuat baterai tersebut bisa bertahan begitu lama. Namun niatan mereka tersebut terbentur dengan adanya kekhawatiran akan merusak bel bersejarah tersebut karena pastinya mereka perlu membongkar isi dari bel tersebut. Namun satu hal yang para peneliti ini ketahui yakni lapisan luar yang diselimuti sulfur ternyata “disegel” oleh elektrolit.

[Baca Juga: Canggih! Charge Baterai Smartphone Hanya Pakai Jari]

Pertanyaannya sekarang adalah, apakah bel tersebut akan terus bertahan hidup hingga tahun-tahun berikutnya? (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here